Berita Kesehatan
Ketahui Yuk! 7 Arti Warna dan Tekstur Kotoran Telinga
Rabu, 12 Des 2018 16:11:26

Kotoran telinga atau yang dikenal sebagai serumen adalah kumpulan minyak, keringat, sel kulit mati, rambut dan kotoran di bagian terluar saluran telinga. Mungkin terlihat menjijikkan, tapi kotoran telinga penting untuk mencegah kotoran dan bakteri masuk ke telinga terdalam.

Namun, saat kotoran telinga keluar, mungkin kamu heran dengan warna dan teksturnya yang kadang berbeda-beda. Sebenarnya apa sih artinya? Berikut penjelasannya.


1. Kotoran telinga berwarna kuning dan bertekstur lunak menandakan kotoran telinga yang masih baru

Kotoran telinga jenis ini adalah jenis kotoran baru yang ada di dalam telinga. Kotoran ini bukanlah masalah, asal gak terlalu berair atau keluar dari saluran telingamu. Jika itu terjadi, mungkin itu adalah gejala infeksi telinga bagian tengah atau otitis media. 


2. Kotoran telinga berwarna cokelat kehitaman dan bertekstur kering

Jenis kotoran ini biasa bergulir dengan sendirinya dari telinga. Kotoran ini terbentuk dari endapan kotoran dan menumpuk bersama sel kulit mati.


3. Kotoran berwarna kuning pucat dan bertekstur kering

Sama seperti kotoran cokelat kehitaman, jenis kotoran ini pun biasa bergulir dengan sendirinya keluar dari telinga. Warna ini punya kemiripan dengan serpihan kulit yang mengelupas. 

Namun, jika kotoran telinga warna ini diikuti dengan kulit yang cepat mengelupas atau muncul ruam kemerahan, bisa jadi itu pertanda penyakit eksim dan psoriasis.


4. Kotoran berwarna kuning atau cokelat disertai kemerahan

Jika ini terjadi, ini menandakan adanya luka di telingamu. Ini biasa terjadi jika kamu membersihkan telinga terlalu keras atau terjadi cedera di sekitar telingamu.

Untuk itu, jangan sembarangan membersihkan telinga ya. Sebaiknya segera hubungi dokter jika telingamu mengeluarkan banyak darah.


5. Kotoran telinga berwarna cokelat gelap dan tebal

Warna dan tekstur ini menandakan kotoran yang menumpuk terlalu banyak dan sulit untuk keluar. Penyebabnya adalah produksi lilin telinga yang berlebihan. Penyebabnya, bisa jadi cemas berlebih, ketakutan hingga stres. 


6. Kotoran yang berwarna cokelat gelap hingga hitam

Semakin gelap kotoran telinga juga bisa jadi pertanda stres sehingga telinga menghasilkan banyak lilin. Namun, bisa juga jadi pertanda bahwa kotoran tersebut berada lama di telinga. Itu karena semakin lama kotoran telinga terpapar oleh oksigen, semakin gelap warnanya.


7. Kotoran telinga berwarna putih dan bersisik

Warna dan jenis kotoran ini biasa ada di dalam telinga. Kotoran telinga ini menandakan kamu menghasilkan sedikit bau badan.

Itu tadi arti warna dan tekstur kotoran telinga. Jika kamu mengalami masalah, mulai dari kotoran yang menyumpal telinga sehingga kamu susah mendengar atau sampai mengeluarkan darah, jangan sungkan untuk menghubungi dokter ya.