Berita Kesehatan
5 Alasan Mengapa Hidung Perlu Dicuci Setiap Hari
Kamis, 13 Des 2018 16:40:05

Menggosok gigi dan membersihkan wajah setiap hari sudah menjadi kewajiban yang harus kita lakukan. Lalu, bagaimana dengan hidung?

Ternyata, sebagai indera penciuman dan penyaring udara, hidung juga perlu dibersihkan setiap hari. Dr. S. Hendradewi SpTHT (K), Msi Med, dokter dari Rumah Sakit DR Moewardi Sukarta dalam acara konfrensi pers bertajuk Bernapas Lebih Sehat Kampanya #CuciHidung Setiap Hari mengatakan, "Kesehatan hidung sangat penting untuk dijaga karena sebagai organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk ke dalam paru-paru."

Ia pun memamparkan beberapa alasan mengapa hidung kita perlu dibersihkan setiap hari. Apa saja itu?


1. Kotoran bisa menumpuk di hidung

Salah satu alasan mengapa hidung perlu dibersihkan adalah karena hidung menjadi tempat pertama dalam menyaring udara. Hidung juga yang akan menyaring kotoran sehingga bila kotoran tersebut dibiarkan, akan semakin menumpuk dan dapat mengganggu kesehatan.


2. Mencegah dari peradangan hidung dan sinus.

Sebagai organ pernapasan, bila hidung tersumbat bisa membuat timbulnya peradangan pada hidung. Misalnya, setiap pagi kita bangun dan bersin-bersin, bisa jadi hal tersebut bukan karena alergi, namun karena debu dan udara yang kotor dan menyumbat hidung kita.

3. Bisa menurunkan kambuhnya alergi

Bila kita memiliki alergi, membersihkan hidung dapat menjadi salah satu cara agar alergi kita berkurang. "Alergi memang tidak bisa disembuhkan karena biasanya terjadi akibat faktor genetik," ujar Dr. Dewi. "Namun, bisa dilakukan terapi untuk menghindar dari kambuhnya alergi," tutupnya.


4. Menjaga kelembapan hidung

Hidung memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan. Dengan menjaga kelembapan, udara yang masuk pun akan lebih bersih dan bisa mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti hidung tersumbat dan pilek.

5. Bisa membersihkan sekret yang menumpuk pada hidung

Sekret hidung sering dikenal sebagai ingus. Bila sekret menumpuk, biasanya akan menyumbat indera penciuman dan pernafasan kita. Dengan membersihkan hidung, sekret akan lebih mudah dibersihkan. Namun, Anda perlu memakai larutan garam isotonik untuk bsia mempermudah mengeluarkan sekret.


Yuk, mulai rajin membersihkan hidung memakai larutan garam isotonik, seperti Sterimar. Anda perlu membersihkannya minimal satu kali sehari.