Berita Kesehatan
Suka Makan Pedas, Ini Bahayanya Untuk Tenggorokan
Sabtu, 15 Des 2018 17:52:18

Makanan pedas sudah menjadi tren di kalangan anak muda, dari mulai olahan mie, ayam serta nasi, semuanya diolah dengan rasa pedas yang menyengat lidah. Tapi tahukah Anda bahwa makanan pedas berbahaya untuk tenggorakan?


Dokter Spesialis THT (Telingga, Hidung, Tenggorokan) Rosydiah Rahmawati, Sp. THT-KL menjelaskan bahwa makanan pedas yang lebih dari lima kali dikonsumsi akan menyebabkan dinding utama tenggorokan terkikis. 


Proses pengunyahan yang keras dan rasa panas di tenggorokan akan menyebabkan air liur yang ada di tenggorokan banyak terpakai untuk mengurangi rasa pedas,  padahal air liur di tenggorokan itu digunakan untuk melindungi dinding tenggorokan. Hal ini yang menyebabkan dinding utama tenggorokan terkikis. 


"Kalau sudah terkikis, bakteri akan gampang menempel di tenggorakan. Karena sudah tidak ada proteksi lagi," ungkap dokter RSUD Dr. Soetomo ini. 

Bakteri yang menempel di tenggorakan, lanjut Rosydiah, awalnya akan menyebabkan gangguan seperti seringnya berdeham, tenggorakan akan banyak lendir dan terasa mengganggu. 


Meskipun tidak menyebabkan penyakit serius, tapi bakteri ini akan menyebabkan peradangan yang berdampak pada tergganggunya daya tahan tubuh.


"Makan terasa tidak enak, mudah tertular penyakit dari orang lain, karena imunitasnya menurun," terang Rosyidah.

Ia pun menambahkan orang yang suka memakan makanan pedas secara berlebihan, juga dapat memicu terjadinya kanker tenggorakan. 

"Kanker memang dipengaruhi oleh faktor genetik, tapi gaya hidup seperti itu juga akan menjadi pencetus munculnya kanker," ujarnya. (pts)