Berita Kesehatan
4 Cara Mengobati Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi Bungsu
Kamis, 03 Jan 2019 09:07:34

Orang dewasa dapat memiliki hingga 32 gigi. Di antara usia 17 hingga 25 tahun, gigi bungsu akan muncul untuk mengisi kekosongan dalam ruang gigi Anda. Disebut gigi bungsu karena gigi ini adalah yang paling terakhir terbentuk dan mencuat ke atas permukaan gusi. Gigi bungsu adalah empat gigi geraham ketiga yang tumbuh dua di rahang atas dan dua di bawah, di bagian mulut paling belakang.


Pertumbuhan gigi bungsu umum dialami oleh banyak orang, dan ini bisa terasa menyakitkan, namun beberapa orang yang cukup beruntung mungkin tidak akan pernah mengalaminya dalam hidup mereka.



Kenapa tumbuhnya gigi bungsu sakit?

Pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tak selalu menyebabkan masalah. Jika ada cukup ruang dalam gusi, gigi bungsu akan bisa mencuat sepenuhnya tanpa menyebabkan keluhan berarti. Tapi, kebanyakan orang memiliki rahang yang terlalu kecil untuk memungkinkan seluruh 32 gigi muat berjejer di atasnya. Paling maksimal, rahang orang dewasa pada umumnya hanya muat untuk 28 gigi.


Saat rahang Anda terlalu kecil atau ada gigi lain yang menghadang jalan keluar gigi bungsu, gigi baru ini sering bertumbuh membelok, menyamping, atau tak sealur dengan garis gigi lainnya. Ini karena selama gigi bungsu mencuat ke atas, gigi ini dapat mendorong gigi di depannya demi memaksakan ruangan yang cukup saat gigi bungsu komplit nantinya.


Ketika gigi bungsu bertabrakan dengan gigi di depannya, lapisan gusi yang terbuka di atasnya dapat terinfeksi, dari bakteri yang masuk ke dalamnya, dan membengkak. Ini bisa terasa menyakitkan. Pertumbuhan gigi bungsu yang kadang hanya setengah-setengah juga lebih rentan memicu kerusakan gigi dan penyakit gusi karena lokasi gigi bungsu yang sulit dijangkau dan posisinya yang canggung membuat menyikat gigi dan flossing sulit.


Rasa sakit dari gigi bungsu bisa menjadi keluhan konstan bagi beberapa orang. Anda bahkan mungkin merasa nyeri yang menetap pada gigi terdekat atau merambat hingga ke telinga di sisi wajah tempat gigi bungsu tumbuh. Beberapa orang lainnya bisa hanya mengalami rasa ngilu dan ketidaknyamanan saat mengunyah atau menyentuh gigi bungsu.



Tips mengatasi sakit gigi bungsu

Kebanyakan dokter gigi menyarankan gigi bungsu yang menyebabkan sakit untuk dicabut sebelum keluhan berubah menjadi masalah besar. Dokter gigi atau ahli bedah gigi akan membuka jaringan gusi di atas gigi bungsu jika diperlukan dan mencabut gigi bermasalah tersebut. Kadang, gigi akan terlebih dulu dipotong potongan-potongan kecil untuk lebih memudahkan pencabutan. Setelah gigi dicabut, Anda mungkin perlu jahitan.


Jika Anda memiliki infeksi, Anda mungkin harus menunggu sampai infeksinya hilang sebelum gigi bungsu Anda dicabut. Sementara menunggu jadwal cabut gigi, ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda contek untuk mengurangi rasa sakit gigi bungsu sampai tiba saatnya kunjungan dokter gigi selanjutnya.


1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menyingkirkan sakit gigi bungsu. Cukup larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur mulut selama beberapa menit, dan Anda akan menemukan sedikit kelegaan. Ulangi beberapa kali sehari jika diperlukan.


2. Obat kumur

Obat kumur antibakteri yang mengandung chlorhexidine juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi.


3. Obat penghilang nyeri

Tablet pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat sementara menghilangkan rasa sakit gigi bungsu. Bicarakan dengan dokter gigi Anda jika rasa sakitnya tak kunjung hilang. Dokter gigi dapat meresepkan antibiotik untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi.


4. Kompres es

Tempelkan kopres es di pipi tempat gigi bungsu tumbuh selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali jika diperukan. Jangan gunakan kompres panas.


Ingat, semua solusi di atas hanya merupakan bala bantuan sementara. Jika masalah terus datang, konsultasikan dengan dokter untuk menjadwalkan cabut gigi bungsu.