Berita Kesehatan
Kenapa Saat Bersin Sebaiknya Tidak Menutup Mulut dengan Tangan?
Kamis, 03 Jan 2019 18:11:40

Bersin tidak hanya terjadi saat kita terkena flu atau kedinginan saja, teman-teman. Bersin bisa terjadi kapan saja, karena bersin merupakan tindakan refleks yang dilakukan oleh tubuh karena adanya bakteri atau benda asing yang masuk ke dalam hidung kita.

Nah, bersin ini bisa juga sebagai bentuk perlindungan yang dilakukan tubuh kita untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Jika bersin, teman-teman pasti akan refleks menutup hidung dan mulut menggunakan tangan, kan? Menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dianggap lebih baik daripada tidak menutup sama sekali, nih.

Namun ternyata menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dapat menyebarkan kuman secara cepat, teman-teman. Wah, kenapa bisa begitu, ya? Saat bersin, akan ada sekitar 100.000 butiran kecil lendir dan berbagai mikroorganisme seperti kuman dan bakteri yang dikeluarkan.

Menutup hidung dan mulut menggunakan tangan saat bersin atau batuk ternyata tanpa sadar memindahkan kuman-kuman ke tangan kita, lo. Padahal, setiap harinya banyak hal yang kita lakukan menggunakan tangan kita.

Seperti bersalaman, membuka pintu, mengambil barang-barang, bahkan makan. Nah, kuman yang berpindah ke tangan teman-teman saat bersin ini akan berpindah ke tangan orang lain saat bersalaman, atau menempel di gagang pintu yang nantinya gagang pintu tersebut dipegang orang lain. Dari tangan teman-teman, kuman tersebut akan menyebar atau berpindah ke tempat lain dan penyebarannya akan semakin luas, nih.

Agar kuman tidak menyebar, maka sebaiknya saat bersin atau batuk, teman-teman menggunakan tisu atau sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut. Kalau lupa membawa tisu atau sapu tangan, teman-teman juga bisa, lo, menggunakan lipatan siku atau lengan bagian dalam untuk menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk.

Hal ini lebih dianjurkan, karena kuman dan bakteri tidak akan menyebar semudah jika menutup hidung dan mulut dengan tangan. Selain itu, mencuci tangan dengan sabun sehabis bersin atau batuk juga harus dilakukan untuk mencegah penyebaran kuman, ya.