Berita Kesehatan
Gigi Menghitam, Apa yang Terjadi?
Jumat, 04 Jan 2019 08:55:06

Jika Anda mendapati warna gigi memudar, bahkan menghitam, rasanya pasti ingin segera memutihkannya lagi. Apa penyebab gigi menghitam ini?Semua orang ingin memiliki gigi yang putih dan bersih. Selain terlihat sehat, gigi yang putih dan bersih bisa makin mempercantik tampilan lewat senyuman, sehingga akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Namun, tak sedikit orang yang lalai dalam menjaga kesehatan giginya, sehingga menyebabkan berbagai kondisi pada gigi, termasuk gigi menghitam.


Gigi yang berubah warna menjadi hitam dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor ekstrinsik (luar tubuh) dan faktor instrinsik (dalam tubuh). Gigi yang menghitam bisa jadi merupakan suatu tanda adanya penyakit yang harus ditangani secepat mungkin.


Selain itu, terjadinya perubahan warna ini juga bisa diakibatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, yang kemudian meninggalkan sedikit pigmen sehingga membuat gigi menghitam. Gigi yang menghitam bisa menjadi tanda atau diakibatkan dari beberapa kondisi di bawah ini:


Karies gigi


Gigi yang menghitam umumnya merupakan suatu tanda adanya gigi yang berlubang. Noda hitam yang terlihat mengikis gigi merupakan lapisan dentin yang rusak karena terinfeksi kuman. Akibatnya, terjadi pengeroposan pada gigi.

Lapisan dentin yang terinfeksi ini membuat proteksi terhadap karies, sehingga terbentuklah lapisan proteksi untuk menahan kuman tidak tembus ke kamar pulpa gigi (suatu rongga yang berisi saraf dan pembuluh darah).

Bila sudah terjadi, noda hitam ini bisa ditangani dengan perawatan penambalan. Caranya adalah dengan menghilangkan daerah yang hitam terlebih dulu dengan menggunakan bor.


Nekrosis pulpa


Gigi yang menghitam bisa juga disebabkan oleh infeksi pulpa atau gigi yang sudah mati tanpa dilakukan perawatan. Kerusakan dapat dimulai dari bagian dalam, yang selanjutnya menyebar ke arah permukaan.

Pulpa gigi yang mati bisa diakibatkan karena gigi yang berlubang atau trauma pada gigi. Kondisi ini bisa dirawat dengan perawatan saluran akar terlebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan dilakukan penambalan, atau dibuatkan mahkota gigi. Namun, jika setelah dilakukan pemeriksaan didapati bahwa gigi tak bisa lagi dirawat, pencabutan adalah langkah terakhir yang bisa diambil.


Noda dari makanan dan minuman


Selain dari dalam tubuh, penyebab gigi yang menghitam juga dapat berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Jika Anda termasuk pencinta minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman bersoda, waspadalah. Pasalnya, jenis minuman tersebut akan meninggalkan noda pada gigi.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, diperlukan kepatuhan dalam menggosok gigi agar noda tidak menempel pada gigi. Selain minuman berkafein, hindari juga makanan atau minuman yang mengandung zat pewarna.


Noda pada gigi atau stain


Gigi yang berubah warna menjadi hitam juga bisa sebagai akibat dari kebiasaan buruk, di antaranya adalah merokok atau mengisap tembakau. Kebiasaan tersebut bisa mengganggu produksi air liur yang bekerja untuk menjaga agar gigi tetap bersih.

Kebiasaan merokok atau mengisap tembakau ini, apalagi yang sudah dilakukan dalam jangka waktu lama, akan meninggalkan noda hitam atau staining pada permukaan gigi. Bahkan, noda hitam ini bisa masuk hingga ke pori-pori, sehingga untuk mengatasinya harus dengan bantuan dokter gigi.


dapat dihilangkan dengan cara pembersihan karang gigi, sedangkan untuk mengembalikan warna gigi menjadi seperti sedia kala dapat dilakukan perawatan pemutihan gigi (bleaching atau tooth whitening).

Saat Anda bercermin dan mendapati gigi menghitam, Anda perlu waspada. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, penyebab gigi menghitam bisa karena beberapa hal. Mulai dari kebiasaan sehari-hari, makanan dan minuman dan dikonsumsi, serta adanya penyakit yang mendasari. Lebih baik segera periksakan diri ke dokter gigi agar diketahui penyebabnya sehingga penanganannya pun sesuai. Jangan lupa untuk selalu rajin menggosok gigi dan rutin kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, ya!