Berita Kesehatan
Apa itu Restorasi Gigi ?
Selasa, 08 Jan 2019 08:48:05

Restorasi gigi bertujuan untuk perawatan atau memperbaiki gigi yang telah rusak akibat karies (penyakit gigi) dengan cara mengembalikan bentuk, fungsi, dan penampilan normal gigi.


Mengapa gigi yang berlubang atau rusak harus direstorasi ?

  • Gigi diperbaiki untuk melindungi bagian gigi yang belum terkena karies (= penyakit yang menyebabkan gigi berlubang) atau trauma.
  • Mencegah kehilangan gigi, karena karies dapat menyebar dan menghancurkan keseluruhan gigi.
  • Dengan direstorasi maka fungsi mengunyah dan bicara dapat kembali normal.
  • Selain mengembalikan bentuk gigi, restorasi juga dapat meningkatkan penampilan pasien.

Apa saja jenis-jenis restorasi gigi ?


A. Tumpatan Komposit

Tumpatan resin komposit merupakan tumpatan plastis sewarna gigi yang diaplikasikan kedalam kavitas gigi selapis demi selapis sampai terbentuk gigi yang ideal. Proses pengerasannya dibantu oleh sinar ultraviolet, sehingga setelah penambalan dilakukan maka pasien dapat langsung melakukan fungsi pengunyahan pada gigi tersebut. Tumpatan ini dapat digunakan baik untuk gigi anterior (depan) ataupun posterior (belakang).


B. Restorasi Onlay / Inlay

Onlay/Inlay merupakan restorasi gigi yang solid yang disementasi kedalam kavitas gigi yang telah disediakan /  dipreparasi sebelumnya oleh dokter gigi. Restorasi ini dibuat khusus oleh laboratorium tekniker gigi, dengan sebelumnya gigi yang telah dipreparasi dibuatkan cetakannya oleh dokter gigi.

Terdapat beberapa jenis Onlay/Inlay, yaitu :

  1. Onlay/Inlay Metal
  2. Onlay/Inlay Porcelain
  3. Onlay/Inlay Emax

C. Full Veneer Crown (FVC / Crown / Jaket )

FVC merupakan restorasi gigi berupa gigi tiruan yang disementasi menutupi seluruh permukaan gigi yang telah dipreparasi sebelumnya oleh dokter gigi. Restorasi ini juga dibuat khusus oleh laboratorium tekniker gigi, dengan sebelumnya gigi yang telah dipreparasi dibuatkan cetakannya oleh dokter gigi.


Terdapat beberapa jenis FVC, yaitu :

  1. FVC Metal Porcelain (Gigi tiruan cekat berbahan dasar metal dengan lapisan porcelain / keramik)
  2. FVC Full Porcelain (Gigi tiruan cekat berbahan dasar porcelain / keramik sewarna gigi dan tidak menimbulkan garis kebiruan atau garis abu-abu hitam pada gusi)
  3. FVC Emax (Gigi tiruan cekat berbahan dasar resin sewarna gigi generasi baru dengan keunggulan lebih tipis dibandingkan dengan metal porcelain dan porcelain akan tampak lebih natural dan tidak menimbulkan garis kebiruan atau garis abu-abu hitam pada gusi)

D. Implant

Gigi tiruan yang ditanamkan ke dalam tulang rahang. Terbuat dari bahan titanium yang dapat diterima baik oleh jaringan tulang penyangga gigi.