Berita Kesehatan
Pentingnya Periksa ke Dokter Gigi saat Persiapan Kehamilan
Selasa, 12 Feb 2019 09:31:11

Kehamilan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani. Kondisi tersebut menuntut seorang wanita untuk melakukan persiapan kehamilan dengan sebaik-baiknya, agar segala proses ketika mengandung si jabang bayi berlangsung dengan baik dan lancar hingga persalinan tiba.


Berbicara tentang persiapan kehamilan, hal ini ternyata tak melulu soal menjaga kesehatan organ reproduksi atau memenuhi pasokan gizi sehari-hari. Ya, ada hal lain yang juga wajib dilakukan oleh wanita yang sedang dalam persiapan hamil. Salah satunya adalah berobat ke dokter gigi.


 

Pentingnya ke dokter gigi

Sebelum kehamilan adalah waktu yang ideal untuk memperbaiki kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Sebab, beberapa studi menunjukkan bahwa penyakit periodontal berkaitan dengan komplikasi kehamilan, seperti persalinan prematur dan preeklampsia.

Dengan ke dokter gigi di saat persiapan kehamilan, Anda turut mencegah beberapa masalah kesehatan berikut ini:


  • Kelahiran prematur

Kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga membuat bakteri yang hidup di dalamnya semakin berkembang biak. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Penelitian menyebut, bakteri yang hidup di mulut calon ibu hamil berisiko masuk ke dalam aliran darah dan ikut terbawa sampai ke dalam plasenta (ari-ari). Keadaan ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur.


  • Gigi berlubang

Pada masa kehamilan nanti, seorang wanita lebih rentan mengalami gigi berlubang. Hal ini terjadi karena kehamilan menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut, juga akibat pengaruh konsumsi camilan dan minuman manis, serta kurangnya perhatian terhadap kebersihan mulut.


  • Gingivitis

Gejolak estrogen dan progesteron (hormon kehamilan) saat kehamilan bisa meningkatkan risiko inflamasi pada gusi. Karena itu, risiko terjadinya radang gusi atau gingivitis juga lebih tinggi.


Penyakit gusi atau gingivitis umumnya terjadi pada kehamilan trimester 3. Keadan ini ditandai dengan gejala pembengkakan gusi dan gusi berdarah. Wanita dengan gingivitis sebelum hamil lebih berisiko mengalami gejala yang lebih berat pada kehamilan nanti.


Sertakan dengan ini

Selain berkunjung ke dokter gigi, wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan juga perlu menjaga kesehatan gigi dan rongga mulutnya dengan melakukan tindakan berikut ini:


  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Kurangi atau hindari sama sekali makanan manis dan minuman yang mengandung soda atau alkohol.
  • Tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan bluberi, agar kesehatan maupun kekuatan gusi tetap terjaga dengan baik.
  • Penuhi kebutuhan vitamin D setiap hari, misalnya dengan berjemur di bawah matahari pagi dan minum susu.

Mulai saat ini, jangan anggap sepele periksa ke dokter gigi saat sedang dalam persiapan kehamilan. Anda ingin tetap sehat dan terhindar dari segala komplikasi merugikan selama kehamilan, bukan?