Berita Kesehatan
Anak Batuk Pilek? Waspada Infeksi Telinga Tengah
Senin, 04 Des 2017 09:02:36
Anak batuk dan pilek, terutama di musim hujan, sering diiringi dengan demam dan telinga berdengung. Selain pemeriksaan tenggorokan dan hidung, dokter mengatakan bahwa ada baiknya telinga anak juga diperiksa.

Prof Zainul A Djaafar, SpTHT-KL(K)‎ dari RS Khusus THT - Bedah KL Proklamasi, mengatakan bahwa infeksi telinga tengah mempunyai gejala yang mirip dengan infeksi virus influenza. Gejala awalnya adalah batuk, pilek, dan terjadi perubahan warna pada gendang telinga.

"Saya sarankan agar ketika anak batuk pilek dan diperiksakan ke dokter, minta tolong dokternya periksa telinga juga. Karena seringkali gejala awal infeksi telinga tengah tersamarkan dengan batuk pilek biasa pada anak-anak," tutur Prof Zainul, dalam temu media di RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2015).

‎Prof Zainul menjelaskan bahwa dalam struktur telinga, terdapat saluran kecil yang bernama tuba eustachius. Tuba ini menghubungkan bagian telinga tengah dengan nasofaring yang terletak di tenggorok bagian belakang dan hidung.

Karena menghubungkan bagian tenggorok, hidung dan telinga, otomatis virus yang sedang menyerang tenggorok bisa masuk ke telinga. Demikian juga sebaliknya, virus yang sedang menyerang telinga bisa masuk ke tenggorok dan hidung lewat saluran tuba ini.

"Makanya gejala awalnya mirip batuk pilek. Kalau sudah dibawa ke dokter dan diberikan obat batuk pilek belum juga sembuh, dan muncul gejala lanjutan seperti kejang-kejang, susah tidur dan gelisah, bisa jadi itu infeksi telinga tengah akut, atau biasa kita sebut otitis media akut," tandasnya lagi.

Prof Zainul menambahkan bahwa pada anak-anak di bawah dua tahun, infeksi ini sulit dideteksi. Sebabnya, anak belum bisa mengekspresikan bahwa ada rasa tidak nyaman di telinga, dan hanya bisa menangis dan rewel.

Jika tidak diberi penanganan oleh dokter spesialis THT, besar kemungkinan gendang telinga anak akan pecah karena infeksi tersebut. Pecahnya gendang telinga biasanya diikuti dengan keluarnya cairan dari telinga.

"Nah biasanya waktu itu orang tua baru membawa ke THT karena nggak tahu kalau penyebab anaknya batuk pilek itu otitis media," pungkasnya.n