Berita Kesehatan
Mengapa orang takut ke dokter gigi?
Kamis, 21 Feb 2019 12:29:42

Bagi sebagian orang pergi ke dokter gigi secara rutin untuk memeriksakan kesehatan giginya merupakan kebiasaan  dan juga merupakan keharusan agar tetap sehat. Namun bagi sebagian orang pergi ke dokter gigi merupakan tindakan dan langkah  yang memerlukan dorongan dan keberanian yang luar biasa.


Ketakutan pergi ke dokter gigi ini bukanlah merupakan hal yang sederhana, karena ketakutan ini akan berujung pada sebagian besar orang jarang atau bahkan tidak pernah pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan giginya selama hidupnya.


Hal inilah yang akan berdampak buruk pada kesehatan masyarakat, karena kesehatan gigi yang buruk dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Di masyarakat tidak jarang kita melihat walaupun kesehatan giginya sudah buruk sekali, sakit dan bengkak, ternyata tidak mau juga pergi ke dokter gigi.  Kebanyakan orang lebih memilih untuk mengobatinya sendiri dengan obat yang beredar di pasaran.


Alasan utama mengapa sebagian besar orang tidak mau memeriksakan giginya ke dokter gigi disamping tentunya karena alasan biaya adalah rasa takut dan trauma melihat segala macam peralatan dan juga tindakan media yang dilakukan dokter gigi.


Baru baru ini pebeliti dari West Virginia University berhasil mengungkap rahasia kenapa banyak orang ketakutan pergi ke dokter gigi.  Hasil penelitiannya tersebut diterbitkan pada jurnal ilmiah Community Dentistry and Oral Epidemiology pada pertengahan bulan oktober ini.


Ternyata ketakutan dan kegelisahan seseorang untuk pergi ke dokter gigi tidaklah sederhana seperti yang banyak diduga orang selama ini. Rasa gelisah dan takut ini sebagian dipengaruhi oleh faktor genetik yaitu gen yang diwariskan dari orang tua.


Hal ini mengindikasikan bahwa jika seseorang dibesarkan di kalangan keluarga yang orang tua memiliki rasa takut untuk pergi ke dokter gigi, maka peluang bahwa anak anaknya memiliki ketakutan yang sama juga sangat tinggi.


Rasa takut pergi ke dokter gigi ini merupakan kombinasi dari faktor genetik yang diwariskan dan juga faktor lingkungan seperti misalnya membayangkan dan melihat peralatan dokter gigi yang cukup spektakuler dan menakutkan.


Disamping itu penelitian ini juga berhasil mengungkap bahwa ternyata ketakutan akan kesakitan yang akan dan pernah dialami seseorang jika pergi ke dokter gigi juga dipengaruhi oleh gen namun terpisah namun saling terkait.  Artinya gen gen yang terkait dengan rasa takut akan kesakitan juga memperaruhi rasa takut dan gelisah seseorang untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi.


Hasil penelitian ini berhasil  mengungkap rahasia  mengapa banyak orang takut pergi kedokter gigi dan juga mekanisme munculnya rasa takut tersebut.


Diharapkan dengan mengerti penyebab dan mekanisme munculnya rasa takut ini,  para psikolog akan dapat menemukan cara baru dalam mengurangi dan menghilangkan rasa takut ataupun  phobia seseorang untuk pergi  ke dokter gigi.


Disamping itu,  penemuan ini diharapkan dapat memperbaiki metode dan cara pemeliharaan kesehatan gigi dan tindakan pengobatan  yang dilakukan  oleh dokter gigi di masa mendatang.