Berita Kesehatan
Ingin senyum menawan 5 Jari? Berikut tips-tipsnya!
Sabtu, 02 Mar 2019 09:42:38

Senyum menawan harus ditunjang dengan kesehatan gigi dan rongga mulut. Rutin ke dokter gigi secara berkala adalah salah satu caranya. Namun Anda juga bisa melakukan hal-hal sederhana sejak dini yang ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. 

Mengunyah buah dan sayuran

Makanan seperti apel, wortel, dan seledri dapat membantu menyapu plak di permukaan gigi. Kunyah, dan mulut pun terangsang untuk memproduksi mouthwash alami: saliva.

Sruput dengan sedotan

Minum-minuman berwarna gelap (teh, kopi, cokelat) dengan menggunakan sedotan. Ini akan mencegah zat warna minuman itu menempel di permukaan gigi dan mengubah warna alami gigi.

Reguk air setelah makan
Reguklah air minum (kalau perlu dikumur dulu sebelum ditelan) setelah makan, terutama makanan berwarna. Ini merupakan cara tercepat untuk menyapu residu dan sisa makanan di dalam mulut sekaligus mencegah endapan yang menyebabkan plak.

Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet berguna untuk self cleansing pada gigi -dapat menyapu sisa makanan dan plak dari permukaan gigi. Berguna pula untuk merangsang produksi saliva lebih banyak sehingga mulut tidak kering dan bau mulut pun berkurang. Tapi jangan lupa, gosok gigi setelahnya karena kandungan gula yang terkandung di dalam permen karet dapat merusak gigi. Yang juga tak kalah penting adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam seperti permen, cokelat, atau soft drink. Bakteri sangat menyukai karbohidrat sederhana seperti gula. Bakteri akan membuat plak, dan plak tersebut akan mengubah gula menjadi asam. Asam adalah musuh utama enamel gigi karena dapat mengikis enamel gigi dan menjadi berlubang.

Kumur setelah menyikat

Gunakan mouthwash yang mengandung antiseptik untuk melindungi gigi dari munculnya plak. Tapi kalau untuk penyembuhan (misalnya ada luka di gusi, di dalam mulut, atau setelah gigi dicabut), gunakan mouthwash yang mengandung antibiotik. Yang juga perlu diingat, mouthwash merupakan cairan untuk pemakaian luar tubuh, bukan untuk ditelan.