Berita Kesehatan
Invisalign, si "Kawat Gigi" Tanpa Kawat
Selasa, 05 Mar 2019 16:49:44
Bisa engga sih merapikan gigi tanpa menggunakan kawat gigi mungkin pertanyaan tersebut sempat terngiang dipikiran kita, dan kabar baiknya ternyata gigi bisa rapi tanpa bantuan kawat gigi.

Terus gimana caranya? caranya adalah dengan invisalign. Mungkin bagi sebagian orang sedikit asing kedengarannya. Invisalign adalah cara untuk melakukan perawatan gigi yang inovatif supaya gigi menjadi rapih atau kembali ke bentuk ideal, dan menariknya lagi alat yang dipasang di gigi hampir tidak terlihat karena bentuknya yang transparan. Selain bentuknya hampir tak terlihat sudah tentu higienis, jadi lebih aman buat kesehatan kita.

Berdasarkan penjelasan dari situs resmi invilagin, alat ini dibuat dengan teknologi SmartForce, cetakan gigi atau disebut aligner yang dibuat khusus hanya untuk satu orang, karena setiap orang akan memiliki aligner yang berbeda sesuai dengan bentuk gigi masing-masing.

Untuk aligner atau cetakan gigi invisalign ini terbuat dari material plastik transparan yang hampir tidak terlihat jika dilihat sepintas. Cara kerja dari alat ini adalah mengembalikan gigi ke posisi ideal yang membuat gigi terlihat rapi.

Untuk invisalign hanya dilakukan oleh dokter-dokter terlatih dalam hal invisalign, silahkan menuju link berikut untuk daftar dokter yang membuka praktek invisalign di indonesia sekaligus untuk menanyakan berapa biayanya untuk melakukan perawatan invisalign.

Setelah dokter memutuskan invisalign apakah tepat untuk gigi kita maka dokter akan mengambil foto, sinar-X, dan melakukan pemindaian gigi. Hal ini bertujuan untuk perancangan cetakan gigi atau aligner, yang akan dibuat secara khusus sesuai dengan bentuk gigi kita. Selain itu juga akan diketahui gambaran akhir dari bentuk gigi setelah selesai melakukan perawatan dengan invisalign.

Cetakan gigi nya akan dibuat secara khusus oleh perusahaan invisalign dan akan dikirimkan ke dokter yang melakukan pemeriksaan sebelumnya, untuk jumlah aligner nya biasanya 3 sampai 4 set, dan digunakan selama 2 minggu setiap setnya, sampai bentuk gigi mencapai posisi akhir. Silahkan menuju link berikut untuk mengetahui bagaimana proseses perawatan gigi dengan invisalign secara lengkap.

Manfaat perawatan gigi dengan invisalign

Terus apa saja manfaat melakukan perawatan invisalign, kelebihannya apa saja dibandingkan dengan kawat gigi?

Hampir tidak terlihat, tampilannya yang transparan manjadikan aligner hampir tidak terlihat karena bening. Sehingga menjaga rasa percaya diri.

Nyaman pada saat digunakan, berbeda dengan kawat gigi, aligner tidak menyebabkan iritasi pada gusi atau bagian mulut Kita, karena tidak ada unsur logamnya.

Menjaga kebersihan mulut, karena mudah dilepas dan dibersihkan aligner ini memudahkan kita mejaga kesehatan mulut selama dalam proses perawatan gigi.

Mendatangi dokter lebih jarang, berbeda hal nya dengan perawatan gigi dengan kawat gigi, perawatan gigi invisalign tidak harus sering menemui dokter.