Berita Kesehatan
Mengungkap waktu terbaik untuk gosok gigi
Sabtu, 16 Mar 2019 12:57:06

Memiliki barisan gigi yang rapi, sehat, dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Sebab, gigi memegang peranan penting pada penampilan seseorang. Gigi yang indah dan sehat bisa membuat Anda terlihat lebih menarik dan percaya diri.

Salah satu perawatan gigi yang mudah dan aman untuk diaplikasikan dalam keseharian adalah rajin menyikatnya, terutama sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam. Namun, siapa sangka cara yang telah kita terapkan bertahun-tahun tersebut bisa salah.

Pasalnya, menurut seorang pakar, waktu menyikat dan membersihkan gigi yang benar harus sesuai dengan aktivitas Anda. Maksudnya, aturan menggosok gigi saat mandi pagi hari dan sebelum tidur belum tentu tepat untuk semua orang.

Menurut Dr Mitali Hariawal, seorang dokter gigi dan manager komunitas kesehatan gigi, Quips, dari Amerika Serikat, waktu menggosok gigi terbaik adalah 30 menit sebelum makan pagi dan 30 menit setelah Anda menyantap makan malam.

Dia menambahkan pendapatnya tersebut tidak baku. Artinya, tergantung dengan aktivitas dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Jadi, misalkan Anda makan hidangan yang memiliki rasa asam, ini akan memengaruhi email gigi Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggosok gigi sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan asam.

"Langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi asam seperti memberikan detergen pembersih pada email Anda," ujar Dr Hariawala.

Dia mengingatkan, meskipun Anda memiliki email yang kuat, asam dari makanan pagi Anda, seperti misalnya, telur, sereal, dan kopi, bisa mengurangi mineral email pada gigi sehingga mengakibatkan kerapuhan.

Hal yang demikian, sebut Dr Hariawala, bisa membuat gigi rusak dan berubah warna karena dentin (lapisan kuning yang tersimpan di bawah email gigi) terpapar eksploitasi asam yang memberikan efek samping negatif.

Jadi, pastikan untuk segera menggosok gigi sebelum dan sesudah makan makanan asam untuk menjamin gigi tetap bersih tanpa mengurangi kualitas email Anda.

Penyakit pada gigi dan gusi, kata dia, membutuhkan waktu 24 jam untuk bereaksi. Dia sangat menganjurkan bahwa jangan pernah tidak menggosok seharian atau lebih.

"Apabila Anda lupa menggosok gigi di waktu yang saya anjurkan, tidak perlu khawatir. Lakukanlah setelah Anda ingat, tetapi lupa jangan dijadikan kebiasaan," imbuhnya.

Kemudian, dia juga mengungkapkan bahwa lama waktu menggosok gigi terbaik adalah dua menit.

Dia pun menghimbau agar tidak melupakan merawat gigi dengan cara flossing(membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang khusus atau dental floss) setidaknya satu hari sekali.

Selain menggosok gigi, jenis makanan juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi Anda.

Protein sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan struktur gigi. Senyawa organik kompleks tersebut melindungi mukosa dan jaringan ikat yang melapisi rongga mulut. Selain itu juga berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yang sehat. Makanan kaya protein termasuk kedelai, telur, kacang-kacangan, daging, susu, dan makanan laut.

Anda juga harus memastikan menu makanan sehari-hari Anda seimbang antara karbohidrat dan protein. Sebab, terlalu banyak makan karbohidrat bisa merusak gigi Anda, seperti yang dialami sejumlah atlet di Inggris. hasil studi yang diproduksi oleh University College London, setengah dari jumlah atlet profesional di Britania Raya mengalami masalah gigi. Kondisi ini mempengaruhi performa mereka dalam bertanding.

Pemimpin penelitian, Profesor Ian Needleman, mengatakan, nutrisi dalam olahraga sangat bergantung pada asupan karbohidrat yang tinggi. Sayangnya, efek samping dari karbohidrat tinggi adalah meningkatkan peradangan di beberapa bagian tubuh dan jaringan gusi.

Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwa 49 persen dari 335 partisiapan atlet profesional Inggris mengalami gigi rusak yang tidak dirawat. Kemudian, 77 persen lainnya menderita gingivitis, yaitu indikator awal kerusakan gusi.