Berita Kesehatan
8 Gejala Kanker Paru, Kelelahan Hingga Perubahan Suara
Jumat, 29 Mar 2019 18:09:05

Bila Anda mengalami kesulitan bernapas, bahkan dengan aktivitas fisik sederhana, ini bisa berarti organ paru-paru Anda tidak sehat seperti seharusnya. Salah satu kemungkinannya adalah Anda menderita penyakit kanker paru. Paru-paru adalah sepasang organ vital yang merupakan bagian integral dari sistem pernapasan pada manusia.

Jika paru-paru Anda tidak cukup sehat, bisa jadi karena usia, penyakit tertentu, kebiasaan seperti merokok, kondisi genetik, dan lain-lain. Hal itu bisa membuat fungsi pernapasan sulit dilakukan. Jadi, Anda hanya bisa membayangkan apa akibatnya bila terjadi penyakit serius seperti kanker menyerang paru. 

Ketika sel kanker berkembang di paru, secara serius bisa mempengaruhi jaringan dan organ itu sendiri. Kanker paru adalah salah satu jenis kanker yang paling fatal, jadi sangat membantu jika seseorang dapat mengenali gejala sejak dini, untuk mendapatkan perawatan pada waktunya.

Berikut beberapa gejala awal kanker paru yang harus Anda ketahui seperti dilansir Boldsky

1. Batuk Persisten
Batuk merupakan penyakit yang sangat umum yang bisa menjadi gejala sejumlah masalah kesehatan ringan seperti alergi, flu biasa, flu, dan sebagainya. Jadi, orang mungkin tidak terlalu memperhatikannya. Namun, jika Anda telah mengalami batuk terus-menerus, yang telah bertahan selama lebih dari 2 bulan, bahkan setelah minum obat batuk, hal itu bisa mengindikasikan adanya kanker paru. 

2. Sputum Berwarna Karat
Sering kali, saat macet di dada atau flu, kita cenderung mengeluarkan dahak yang terakumulasi di dada dengan batuk. Biasanya, dahak berwarna putih susu atau agak kekuningan - ini mengindikasikan adanya infeksi bakteri biasa. Namun, jika Anda melihat bahwa dahak berwarna karat atau kemerahan, bisa jadi karena darah bercampur dengan dahak. Darah dalam dahak juga merupakan tanda awal kanker paru-paru.

3. Nyeri Dada
Nyeri dada adalah gejala umum dari sejumlah penyakit seperti gastritis, kelelahan, anemia, stres. Jadi, ketika orang mengalami nyeri dada ringan, mereka mungkin tidak terlalu memikirkannya. Namun, jika Anda mengalami nyeri tajam di dada setiap kali menarik napas dalam dan saat tertawa atau batuk, itu bisa menjadi tanda awal kanker paru. Anda harus segera mendapat perawatan medis! 

4. Kelelahan
Kelelahan, atau merasa lelah dan lemah, sangat umum terjadi, terutama di kalangan orang yang memiliki gaya hidup sibuk. Juga, kelelahan bisa menjadi gejala kondisi seperti kekurangan gizi, stres, dan lain-lain, yang mudah diobati. Jadi, biasanya, orang tidak banyak memperhatikan saat mereka mengalami kelelahan. Tapi, kelelahan konstan, yang cukup kronis, sangat mempengaruhi tugas sehari-hari Anda, bisa menunjukkan adanya jenis kanker tertentu, termasuk kanker paru.

5. Perubahan Suara
Jika tiba-tiba suara Anda menjadi serak saat berbicara dengan normal, hal itu bisa terjadi karena adanya kanker paru. Ketika sel kanker tumbuh di paru, kanker ini juga mempengaruhi bagian lain dari sistem pernapasan, termasuk pita suara yang mengakibatkan perubahan pada suara.

6. Infeksi Saluran Pernapasan
Jika Anda pernah menjadi korban infeksi saluran pernapasan yang persisten seperti batuk bakteri, pilek, bronkitis, radang paru yang berulang, bahkan setelah perawatan, maka itu juga bisa menjadi salah satu tanda awal kanker paru. Kanker paru melemahkan sistem pernapasan, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi

7. Masalah Saraf
Gejala lain yang mengejutkan dari kanker paru adalah masalah sistem saraf, yang mempengaruhi keseimbangan dan koordinasi tubuh. Paru terhubung ke bagian otak tertentu melalui arteri, sehingga kanker juga dapat mempengaruhi bagian otak itu. Kesulitan bangkit dari posisi duduk, melemahnya otot bahu adalah beberapa tanda yang terkait dengan masalah ini. 

8. Gynecomastia
Gynecomastia adalah suatu kondisi di mana ada pertumbuhan jaringan payudara berlebih pada pria, sehingga daerah dada hampir menyerupai penampilan wanita. Meski kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan faktor keturunan, bisa juga merupakan tanda awal kanker paru. Karena paru berada dekat dengan jaringan payudara, sel-sel kanker juga dapat mempengaruhi daerah ini dan bisa lebih jelas pada pria, karena daerahnya biasanya rata.