Berita Kesehatan
Tenggorokan Kering? Inilah Penyebabnya
Senin, 01 Apr 2019 18:12:49

Siapapun pasti pernah mengalami tenggorokan kering, baik yang disebabkan oleh perubahan cuaca panas ataupun akibat kehausan tanpa minum, tapi apabila kekeringan pada tenggorokan terjadi terus menerus dalam waktu lama (kronis), maka bisa kita curigai jangan-jangan ada penyakit serius di balik keluhan tersebut.


Gejala lain yang bisa menyertai tenggorokan kering termasuk batuk, pegal-pegal di seluruh tubuh, hidung meler (pilek), mencret, mual, muntah dan demam. Hal ini akan tergantung pada penyebab tenggorokan kering yang mendasarinya, dan mengetahui hal ini sangatlah penting karena akan menentukan pengobatan yang tepat nantinya.


Apa Penyebab Tenggorokan kering?

1. Cuaca Panas & Udara Kering

Tenggorokan kering sering terjadi akibat kondisi lingkungan yang kering atau akibat paparan udara panas saat musim kemarau melanda. Kedua situasi ini dapat menyebabkan tenggorokan kering dan gersang. Tubuhpun akan mudah mengelami dehidrasi lantaran penguapan cairan tubuh akibat suhu lingkungan yang tinggi.


2. Makanan / Minuman

Segala sesuatu yang kita makan atau minum selalu melawati tenggorokan. Oleh sebab itu, perhatikanlah apakah ada zat-zat makanan tertentu yang menyebabkan tenggorokan kering. Hal ini sering terjadi ketika seseorang mengonsumsi zat diuretik seperti kafein (kopi, teh) dan alkohol. Zat-zat ini menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah cairan dengan cara meningkatkan frekuensi atau volume buang air kecil dan secara tidak langsung ini akan membuat tenggorokan menjadi kering.


3. Iritasi

Iritasi yang terjadi pada tenggorokan juga memberikan sensai rasa tenggorokan kering. Paparan udara kering dapat mengiritasi selaput lendir pada tenggorokan dan menyebabkan hilangnya air. Iritasi juga bisa disebabkan oleh paparan asap rokok, debu dan polusi udara lainnya. Orang yang mengalami hal ini biasanya merasakan tenggorokan kering lebih buruk di pagi hari.


4. Obstructive Sleep Apnea

Tenggorokan kering juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit yang mendasari seperti Obstructive Sleep Apnea, yang merupakan sejenis gangguan tidur yang ditandai dengan terhentinya napas karena sumbatan dalam saluran udara, seseorang yang mengalaminya akan mendengkur saat tidur.


5. Masalah Amandel 

Masalah pada amandel yang berupa infeksi, tumor, abses atau kanker dapat menyebebakan pembengkakan amandel, amandel yang membengkak ini akan menghalangi air liur untuk membasahi tenggorokan, sehingga menyebabkan kekeringan di tenggorokan.

6. Kondisi Medis yang Lebih Serius

Tenggorokan kering juga dapat terjadi akibat berbagai penyakit lain seperti alergi, demam, dan radang tenggorokan.

  • Seseorang yang menderita demam atau alergi juga akan mengalami gejala lain berupa bersin, pilek dan post nasal drip.

  • Demikian pula, seseorang yang menderita radang tenggorokan juga akan mengalami batuk kering, suara serak dan sakit pada tenggorokan terpisah dari kekeringan di tenggorokan.

  • Tenggorokan kering juga dapat terjadi sebagai akibat dari kanker kelenjar ludah (kelenjar yang mengeluarkan air liur dan membuat tenggorokan lembab).