Berita Kesehatan
Tak Hanya Apel, Enam Makanan Ini Baik untuk Gigi Anda!
Selasa, 30 Apr 2019 15:19:42

Menjaga kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang wajib. Gigi yang tampak sehat akan membuat Anda tampil percaya diri jika tersenyum. Biasanya, banyak yang mencari cara memutihkan gigi hingga penggunaan behel untuk merapihkan susunan gigi.  Sebenarnya, ada lho makanan yang baik untuk kesehatan gigi Anda. Penasaran?  Yuk, simak penjelasan mengenai 8 makanan yang baik untuk gigi berikut ini!

1. Teh hijau

Teh hijau dikenal untuk perawatan kecantikan dan diet. Ternyata, teh hijau juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Hal ini karena teh hijau mengandung senyawa catechin yang terbukti ampuh melindungi organ mulut Anda dari infeksi periodontal. Luar biasa! 

2. Bawang putih

Mungkin Anda pernah mendengar mengenai manfaat yang bauj untuk menstabilkan tekanan darah, bukan? Tak sampai disitu, bawang putih juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Pasalnya, dalam bahan alami yang satu ini terkandung senyawa anti-bakteri yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

3. Kacang-kacangan

Banyak para wanita yang menghindari kacang-kacangan karena dapat memicu jerawat pada wajah. Sayang sekali, padahal makanan yang satu ini sangat baik lho untuk gigi Anda. Dalam kacang mengandung beragam senyawa yang baik untuk kesehatan gigi, gusi, dan organ mulut -seperti kalium, kalsium, seng, fosfor, dan magnesium. Jadi, bukannya tak ada salahnya sesekali menambahkan kacang sebagai menu cemilan, bukan? 

4. Strawberry

Berbahagialah bagi Anda yang gemar mengonsumsi strawberry. Karena buah nikmat yang satu ini sudah terbukti secara medis baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Penyebabnya tidak lain karena dalam strawberry terkandung vitamin C yang berkhasiat untuk merangsang produksi kolagen pada gusi. Semakin banyak kolagen yang diproduksi, maka semakin kuat pula gusi. Akibatnya, Anda akan terhindar dari risiko gigi copot di usia muda. 

5. Susu dan produk olahannya

Tentunya, Anda sudah mengetahui bahwa susu mengandung kalsium. Karenanya, tidak heran  jika kemudian para ahli menyarankan Anda untuk banyak mengonsumsi susu dan/atau bahan olahannya (seperti keju, yoghurt, dll) untuk menjaga kesehatan gigi.

6. Permen karet

Terdengar aneh? Eits, jangan salah; kebiasaan mengunyah permen karet tanpa gula (sugar free) sudah terbukti secara medis dapat merangsang produksi air liur yang baik untuk membunuh kuman pemicu timbulnya karang gigi, lho!

Itu tadi 6 makanan yang baik untuk gigi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jaga kesehatan gigi! Bukankah jika gigi sehat Anda tidak usah repot-repot cari cara mengatasi sakit gigi. Karena, Anda akan terhindar dari hal itu. Mau bukan? Selamat mencoba!