Berita Kesehatan
Cara Cepat Mengatasi Hidung Mampet Yang Mudah Dilakukan
Jumat, 03 Mei 2019 16:56:11
Hidung mampet bisa sangat mengganggu. Suara jadi terdengar aneh saat berbicara, ingus juga tak berhenti menetes keluar dari hidung, dan Anda terpaksa bernafas menggunakan mulut. Kalau ini sampai terjadi, maka segera cari cara mengatasi hidung mampet sebelum Anda semakin menderita karenanya. Banyak orang berpendapat hidung mampet adalah akibat dari banyaknya lendir yang ada dalam saluran pernafasan. Namun sebenarnya, hidung mampet disebabkan oleh pembulu darah di hidung bagian dalam yang melebar atau membengkak karena proses peradangan. Pembuluh darah di dalam hidung serta sinus dapat meradang kalau seseorang menderita gangguan kesehatantertentu seperti pilek, flu, alergi, infeksi sinus, atau lainnya. Sesak nafas juga mungkin dialami oleh ibu hamil saat usia kandungannya hendak masuk trisemester kedua. Dalam hal ini, fluktuasi hormon dan naiknya suplai darah yang membuat saluran nafas mengalami iritasi, kering, atau berdarah.

Bagaimana Cara mengatasi hidung mampet?


Terlepas dari apa yang menyebabkan hidung mampet, berikut ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya:

Gunakan bantuan humidifier


Alat ini dapat mengurangi rasa sakit pada sinus dan melegakan hidung mampet secara cepat dan mudah. Mesin akan mengubah air menjadi uap lembab yang ketika memenuhi udara sekitar dapat meningkatkan kelembaban dalam ruangan. Bernafas dalam ruangan lembab bisa meredakan iritasi serta bengkak yang dialami oleh pembuluh darah sinus. Selain itu, humidifier juga dapat mengurangi lendir sehingga Anda bisa bernafas normal kembali. Alternatif lainnya adalah dengan menyediakan air panas di mangkuk atau baskom, letakkan di atas meja, lalu anda bisa menghirup uap hangat yang dihasilkannya. Jangan lupa untuk menggunakan handuk di atas kepala agar lebih maksimal hasilnya, seperti gambar di bawah ini. mengatasi hidung tersumbat dengan uap air panas

Mandi Air Hangat


Tak punya humidifier di rumah? Jangan khawatir. Anda dapat mengatasi hidung mampet dengan cara mandi air panas. Uap panas yang dihasilkan oleh air mandi dapat mengurangi lendir pada saluran nafas sekaligus mengatasi peradangan. Anda juga bisa mendapatkan efek yang sama dengan cara mengisi baskom menggunakan air panas, lalu tudungi kepala menggunakan handuk, dan bernafaslah di atas uap panasnya.

Banyak minum


Cara mengatasi hidung mampet berikutnya adalah dengan banyak minum (air panas atau hangat lebih baik). Tubuh perlu tetap terhidrasi ketika Anda sakit. Entah air putih biasa, jus buah, ataukah kuah sup yang Anda minum, semua ini dapat mengencerkan lendir-lendir di saluran nafas sekaligus memaksanya untuk keluar dari tubuh. Sebab kalau ingus bisa keluar dengan mudah dari hidung, maka sinus tak perlu bekerja ekstra sehingga mengalami iritasi. Dan bila hidung mampet Anda disertai dengan sakit tenggorokan, maka teh hangat  atau sup dapat meredakan gangguan tenggorokan juga. Baca juga: 25 Manfaat Air Hangat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Minum vitamin C


Beberapa studi mendapati vitamin C dapat menyembuhkan penderita pilek lebih cepat. Jadi kalau hidung tersumbat Anda disebabkan oleh pilek dan bukannya alergi, maka jangan segan minum vitamin C sesuai dosis yang dianjurkan.

Semprotan air garam


Anda juga dapat meningkatkan kelembaban dalam hidung dengan menyemprotkan larutan air garam (saline). Sama seperti cara sebelumnya, semprotan saline dapat mengurangi lendir di saluran nafas. Beberapa produk saline spraymengandungdecongestant. Oleh sebab itu, konsultasikan ke dokter sebelum menggunakannya karena hidung mampet bisa berpotensi menjadi lebih parah bila decongestant dipakai lebih dari 3 hari lamanya.

Neti pot

Anda juga dapat membersihkan saluran hidung dengan bantuan neti pot. Ketimbang air kran biasa, pihak FDA (Food and Drug Administration), Amerika Serikat, menyarankan Anda memakai air mineral untuk melakukannya. mengatasi hidung mampet dengan neti pot Cara melakukannya adalah sebagai berikut: berdirilah dengan kepala di atas wastafel. Lalu tempatkan cerat ke salah satu lubang hidung. Miringkan neti pot sehingga air masuk ke lubang tersebut, dan setelah mengalir masuk, maka keluarkan itu melalui lubang hidung satunya. Lakukan selama 1 menit sebelum pindah posisi.

Kompres hangat


Kompres hangat juga dapat melegakan hidung tersumbat dengan cara membuka saluran pernafasan dari luar. Untuk membuat kompres hangat, Anda apat merendam handuk dalam air hangat, lalu peras handuknya, lipat, dan tempatkan di atas hidung serta dahu. Biarkan sensasi hangatnya menenangkan rasa sakit pada hidung. Ulangi sesering mungkin.

Decongestant


Pengobatan yang melibatkan decongestant dapat mengurangi bengkak dan meredakan rasa sakit di saluran pernafasan. Di apotik dan toko obat, banyak produk decongestant yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Anda dapat memilih dalam bentuk pil atau semprotan. Format apapun yang Anda pilih, pastikan menggunakannya sesuai dengan petunjuk pemakaian. Dan hindari menggunakan decongestant selama lebih dari 3 hari berturut-turut tanpa pengawasan dokter. Karena setelah lewat hari tersebut, decongestant mungkin akan membuat hidung tersumbat bertambah parah.

Konsumsi obat alergi atau antihistamin


Kalau hidung mampet disebabkan oleh alergi, maka Anda mungkin perlu obat alergi atau antihistamin. Keduanya dapat mengurangi bengkak dan melegakan pernafasan. Kombinasi antara antihistamin (histamin merupakan zat yang dapat memicu bersin) dan decongestant dapat meredakan tekanan yang dialami sinus akibat alergi. Sama seperti obat lainnya, Anda perlu mengikuti petunjuk penggunaan yang tersedia. Dan karena antihistamin biasanya dapat menimbulkan efek samping seperti mengantuk, maka konsumsilah menjelang waktu istirahat saja. Jika Anda sudah mempraktikkan semua cara mengatasi hidung mampet yang kami sarankan di atas, namun kondisinya tak kunjung membaik juga, maka perlu memeriksakan diri ke dokter. Terlebih lagi jika beberapa hal di bawah ini sampai terjadi, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter:
  • Hidung tersumbat berlangsung lebih dari 10 hari
  • Hidung mampat disertai demam tinggi yang tak kunjung membaik dalam 3 hari
  • Keluar lendir berwarna hijau disertai rasa sakit pada sinus dan demam
  • Melemahnya sistem imun, asma, atau empisema (paru-paru bengkak).