Berita Kesehatan
Studi: Paru-paru yang Rusak Parah Bisa Diperbaharui
Rabu, 15 Mei 2019 10:15:13
Paru-paru yang rusak parah dari donor dikabarkan dapat diregenerasi untuk memenuhi kriteria transplantasi. Hal ini berdasarkan studi di Universitas Columbia dan Vanderbilt di AS. Foto/Istimewa.  Hingga saat ini, sebanyak 80 persen donor paru-paru ditolak karena masalah serius, namun berpotensi reversible. Artinya,  paru-paru yang rusak parah dapat diregenerasi (diperbaharui) untuk memenuhi kriteria transplantasi. Ini menjadi suatu kemajuan yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah organ untuk transplantasi. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications.

Transplantasi paru-paru menjadi satu-satunya terapi penyelamatan hidup untuk peningkatan populasi pasien dengan penyakit paru stadium akhir dan sangat dibatasi oleh jumlah organ donor yang tersedia. Sejak awal transplantasi pada 1960-an, dokter dan ilmuwan telah berusaha mengatasi kekurangan organ donor.

Kini, seperti dilansir The Indian Express, para peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Vanderbilt di Amerika Serikat, untuk pertama kalinya telah menunjukkan dalam model yang relevan yang secara klinis bahwa paru-paru yang rusak parah dapat diregenerasi untuk memenuhi kriteria transplantasi.