Berita Kesehatan
Tenggorokan Mendadak Kering Jangan Diremehkan
Kamis, 16 Mei 2019 12:03:41

 Dalam beraktivitas sehari-hari, seringkali kita mengalami tenggorokan terasa kering. Masyarakat umumnya mengganggap tenggorokan yang kering itu disebabkan kurang minum atau dehidrasi.

Walau bukan kondisi serius, tenggorokan yang tiba-tiba kering pada dasarnya tidak boleh dianggap remeh. 

Tenggorokan yang kering dapat disebabkan oleh infeksi pada saluran napas, permasalahan di lambung, dan kekurangan cairan. Atau infeksi virus, bakteri, dan jamur yang terjadi di saluran pernafasan.

"Infeksi virus dan bakteri di saluran pernapasan seperti faring, laring, dan tonsil bisa menyebabkan tenggorokan kering. Termasuk jika menderita flu dan batuk." kata dr Dyah Purwaningrum saat dihubungi melalui pesan pada Jumat (1/2/2019).

Penyakit pada lambung atau biasa dikenal GERD (Gastroeshophageal Reflux Disease), juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering.

"Pada GERD terjadi reguditasi asam lambung ke saluran napas yang menyebabkan rasa panas dan kering pada tenggorokan," Dyah menambahkan.

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Kekurangan cairan (dehidrasi) memang benar menjadi salah satu faktor tenggorokan menjadi kering. Hal tersebut terjadi karena produksi saliva di kelenjar ludah dan mukosa saluran napas berkurang sehingga saluran napas terasa kering.

Tenggorokan kering dapat diatasi berdasarkan penyebabnya. Berikut cara mengatasinya.

1. Infeksi

Rasa kering pada tenggorokan yang disebabkan karena infeksi dapat disembuhkan dengan mengonsumsi medikamentosa.

"Medikamentosa seperti atibiotik, antiinflamasi, analgesik, antihistamin dan decongestant," kata Dyah.

2. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan membuat tenggorokan menjadi kering. Sembuhkan radang dengan minum tablet hisab yang mengandung antibiotik dan analgetik.

3. GERD

Obati permasalahan pada lambung dengan mengonsumsi obat-obatan yang ditujukan untuk mengatasi masalah di pencernaan.

4. Dehidrasi

Seringnya dehidrasi disebabkan karena kekurangan cairan, jadi konsumsilah cairan yang cukup. Namun jangan minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena dapat menambah rasa haus.

Dyah juga menyarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C, karena dapat mengatasi gejala kering pada tenggorokan.

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena radang atau infeksi yang disebabkan virus pada dasarnya self limiting disease, yang artinya akan sembuh sendiri jika daya tahan tubuh kita bagus.