Berita Kesehatan
Ini 3 Pilihan Mengobati Otitis Media
Jumat, 17 Mei 2019 10:06:29

Ini 3 Pilihan Mengobati Otitis Media

  • OTITIS MEDIA

Otitis media adalah infeksi telinga tengah yang paling umum terjadi pada bayi dan anak kecil, terutama yang berusia antara 6 bulan hingga 3 tahun. Pada usia satu tahun, kebanyakan anak akan mengalami satu atau lebih infeksi telinga tengah. Meskipun infeksi telinga tengah dapat terjadi pada usia berapa pun, itu jauh lebih jarang terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.


Gangguan telinga tersebut tidak menyebar dari orang ke orang dan paling sering terjadi bersamaan dengan flu. Antibiotik sering digunakan untuk mengobati infeksi telinga. Namun, dalam keadaan tertentu, dokter mungkin akan menyarankan menunggu selama 2 hingga 3 hari sebelum memulai mengonsumsi antibiotik. Sebelum masuk ke pembahasan untuk pengobatan otitis media, akan dibahas terlebih dahulu hal yang menyebabkan infeksi tersebut.


Penyebab Otitis Media

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengidap otitis media akibat virus yang masuk melalui tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan telinga tengah berhubungan dengan tenggorokan melalui tabung kecil yang disebut dengan tabung eustachius. Hal ini dilindungi dari luar oleh perisai tipis yang disebut gendang telinga. Virus dan bakteri yang ada di tenggorokan dapat masuk ke telinga, sehingga menyebabkan infeksi.


Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan seseorang mengidap otitis media adalah:


Musim dingin adalah musim yang berisiko tinggi menyebabkan infeksi pada telinga. Hal tersebut dapat menyebabkan hidung menjadi pilek. Beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko anak untuk mengidap infeksi pada telinga tengah adalah:


  • Paparan asap rokok.
  • Penyakit pernapasan.
  • Kontak langsung dengan seseorang yang mengidap penyakit tersebut.
  • Langit-langit mulut terlihat sumbing.
  • Alergi yang dapat menyebabkan masalah kronis.
  • Tidak disusui.
  • Pemberian susu botol sambil berbaring.

Selain itu, gangguan pendengaran ini juga dapat disebabkan oleh trauma barometrik. Trauma ini, yaitu telinga tengah mengalami tekanan, sehingga menyebabkan infeksi. Tekanan pada telinga ini dapat disebabkan oleh menaiki pesawat. Hal lainnya yang berhubungan dengan trauma adalah ketika tabung eustasia tidak terbuka, sehingga tekanan di telinga tengah sulit disamakan dan dapat menyebabkan cedera dan terkena gangguan pendengaran.


Pengobatan Otitis Media


Sebagian besar infeksi dari otitis media dapat sembuh tanpa pengobatan antibiotik. Pengobatan di rumah dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit juga direkomendasikan sebelum diberikan antibiotik untuk menghindari penggunaan yang berlebihan dan mengurangi risiko yang buruk dari obat tersebut. Pengobatan otitis media yang dapat dilakukan, yaitu:


  1. Perawatan di Rumah


Dokter mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan perawatan di rumah. Hal tersebut untuk meringankan rasa sakit pada anak, sekaligus untuk menunggu infeksi yang terjadi menjadi sembuh. Langkah-langkah yang dapat diambil, yaitu:


  • Oleskan kain yang hangat dan lembap di atas telinga yang terserang.
  • Menggunakan tetes telinga untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Memberikan obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen dan acetaminophen.

  1. Mengonsumsi Obat


Dokter juga mungkin akan meresepkan obat tetes telinga untuk menghilangkan rasa sakit dan penghilang rasa sakit lainnya. Dokter akan meresepkan antibiotik apabila gejala dari ototis media tidak hilang beberapa hari setelah dilakukan perawatan di rumah.


  1. Operasi


Langkah lainnya untuk mengobati otitis media adalah dengan melakukan operasi. Hal ini dilakukan apabila anak tidak mengalami kesembuhan ketika diberikan pengobatan atau apabila anak mengidap infeksi telinga berulang. Operasi yang dapat dilakukan untuk seseorang yang mengidap otitis media adalah:


  • Penghapusan Adenoid

Dokter mungkin akan merekomendasikan agar kelenjar gondok anak untuk diangkat melalui pembedahan. Tindakan tersebut dilakukan apabila bagian tersebut membesar atau terinfeksi, serta apabila anak ibu mengidap infeksi telinga berulang.


  • Tabung Telinga


Dokter juga mungkin akan melakukan prosedur bedah untuk memasukkan tabung kecil ke telinga anak ibu. Tabung tersebut berguna untuk membuat udara dan cairan mengalir dari telinga tengah.