Berita Kesehatan
Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru
Rabu, 22 Mei 2019 11:33:41

Paru-paru adalah organ tubuh yang rentan terkena masalah, salah satunya adalah akibat penumpukan racun. Racun memang sangat mudah masuk ke dalam tubuh apalagi jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka racun akan lebih mudah mengendap di paru-paru. Paru-paru termasuk organ vital, maka Anda perlu menjaga dan merawatnya dengan sebaik mungkin.


Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan paru-paru:


KAROTENOID

Karotenoid adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker. Manfaat karotenoid khususnya seringkali berkaitan dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kanker kulit. Adapun contoh makanan yang kaya akan karotenoid adalah ubi manis, wortel, sayur bayam, buah melon, paprika merah, buah kering, kacang polongĀ  dan brokoli.


MINERAL

Beberapa contoh mineral adalah sayuran berwarna hijau, kacang dan biji-bijian, gandum, daging sapi dan ayam, ikan, telur, buah-buahan, dan bawang putih. Bawang putih mengandung alisin, zat satu ini bermanfaat untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Bukan itu saja, bawang putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.


VITAMIN B

Salmon, brokoli, bayam, selada, ikan, telur, susu, gandum, dan kacang-kacangan adalah contoh bahan makanan yang mengandung vitamin B. Salmon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Diperkaya dengan asam Omega-3, mengonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Jenis makanan lain yang tinggi akan asam lemak Omega-3 adalah tuna, kacang-kacangan dan biji rami.


Adapun sayuran hijau seperti brokoli memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru. Brokoli tinggi akan antioksidan yang secara efektif membuang racun dalam paru-paru. Menyisipkan makanan kaya antioksidan seperti brokoli dan kubis dalam menu santapan sehari-hari dipercaya mampu menjaga paru-paru agar selalu sehat.


VITAMIN CĀ 

Vitamin C bisa didapati pada bahan pangan seperti jeruk, paprika kuning, pepaya, jambu biji, kiwi, mangga, dan jahe. Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi tinggi sayuran dan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin C memiliki kaitan dengan risiko yang diminimalkan untuk berbagai jenis kanker.


Studi juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C terhubung dengan kemungkinan penurunan kanker paru-paru, mulut, pita suara, tenggorokan, usus besar, rektum, perut, dan kerongkongan.


VITAMIN E

Kacang-kacangan, sayuran hijau, minyak bunga matahari, gandum, minuman berbasis susu adalah beberapa contoh bahan pangan yang mengandung vitamin E. Vitamin E merupakan istilah generik dari zat tokoferol yaitu vitamin larut lemak (fat soluble) yang secara alami terdapat di berbagai makanan, seperti minyak sayur, sereal, daging, unggas, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak gandum. Salah satu manfaatnya adalah dapat mencegah kanker, terutama paru-paru dan kanker mulut pada perokok, kanker dan polip kolorektal serta lambung, kanker prostat, dan kanker pankreas.


Itulah tadi beberapa nutrisi penting yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru.


Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, sangat dianjurkan bagi kita bersama untuk berperilaku sehat, seperti tidak merokok, menghindari asap rokok, menggunakan masker saat berada di area yang berpolusi tinggi.