Berita Kesehatan
Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Jeruk Nipis, Cepat dan Ampuh
Sabtu, 22 Jun 2019 13:41:28

Gigi yang sehat dan putih berseri menjadi salah satu faktor penunjang penampilan. Deretan gigi yang berwarna putih bersih akan membuat orang lebih merasa percaya diri. Senyuman manis yang memperlihatkan gigi yang putih dan bersih akan membuat penampilan semakin sempurna. Lain halnya dengan gigi kuning dan tidak sehat, selain akan mempengaruhi penampilan juga akan membuat minder.

Pada dasarnya gigi kuning disebabkan oleh kebiasaan pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak minum kopi, merokok, serta mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Punya gigi kuning itu selain bikin nggak pede, saat hendak bicara pun malu saat ingin tersenyum.

seringkali dianggap sebuah masalah, oleh sebab itu banyak orang yang kemudian berbondong-bondong mencari cara memutihkan giginya kembali. Mereka berlomba-lomba mencari cara terbaik, bahkan tak segan-segan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan gigi yang menjadi dambaan mereka. Selain ke klinik, sebenarnya ada beberapa cara memutihkan gigi dengan cara alami lho. Yakni dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur. Jeruk nipis dan baking soda contohnya. Jeruk nipis sudah sejak lama digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Baking soda sendiri selain untuk bahan kue juga memiliki banyak manfaat lho di dunia kecantikan.

Penyebab Gigi Kuning

1. Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

2. Kopi

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa menjadikan gigi menjadi kuning. Apalagi bila telah menjadi kebiasaan minum kopi, bahkan bisa menjadikan gigi hitam.

3. Kebiasaan merokok

Kandungan Nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

4. Jarang menyikat gigi

Jarang menyikat gigi juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Karena sisa makanan pada gigi akan mengendap dan membuat gigi menjadi kuning. Oleh sebab itu rajin-rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

5. Cara menyikat gigi yang salah

Banyak orang sering tidak sadar telah menyikat gigi dengan cara yang salah. Ada sebagian yang beranggapan menyikat gigi agar mulut nggak bau. Ini adalah anggapan yang salah. Dengan menyikat gigi asal-asalan, maka sisa makanan yang ada pada gigi tidak akan bisa terkikis dengan sempurna. Hal ini akan membuat kuman-kuman yang terdapat pada sisa makanan menyebabkan gigi menjadi kuning. Oleh karena itu, mulailah menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

Nah, kamu sudah tahu kan apa saja penyebab gigi kuning. Berikut cara memutihkan gigi dengan baking soda dan jeruk nipis

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Jeruk Nipis

Baking soda merupakan bahan yang dapat ditemukan dengan mudah. Baking soda memiliki sifat basa sehingga dapat membersihkan gigi dari noda. Kamu dapat mencobanya sebagai cara memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan jeruk nipis:

- Siapkan baking soda 1/2 sdt

- Campur dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis

- Ratakan pada gigi dengan sikat gigi yang lembut

- Diamkan selama 1-2 menit lalu bilas.

- Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda jangan terlalu sering dilakukan. Pasalnya kandungan baking soda dapat menyebabkan erosi pada lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Nggak punya jeruk nipis? Kamu juga bisa menggunakan baking soda saja lho.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda:

- Siapkan wadah atau gunakan telapak tangan kamu sebagai wadah baking soda.

- Setelahnya, basahi sikat gigi dengan air dan oleskan sikat gigi tersebut ke wadah atau telapak tangan yang berisi baking soda. Anggaplah baking soda sebagai pasta gigi dan sikatlah gigi sekitar satu menit.

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Stroberi

Perpaduan antara buah stroberi dan baking soda merupakan cara memutihkan gigi secara alami. Kamu dapat membuat pasta dengan campuran dari dua bahan ini.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan stroberi:

- Haluskan buah stroberi terlebih dahulu

- Campurkan dengan baking soda dan aduk hingga merata.

- Setelah itu, aplikasikan pasta tersebut pada gigi dan diamkan.

- Setelah 5 menit, barulah sikat gigi untuk menghilangkan bekas campuran tadi.

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Garam

Baking soda dan garam adalah bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi dari karang gigi. Bahkan dengan menyikat gigi dengan campuran tersebut terbukti ampuh sebagai cara memutihkan gigi kuning yang membandel karena rokok, minum kopi dan teh. Kamu bisa membuat pasta gigi dari bahan garam dan baking soda tersebut.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam:

- Pertama sediakan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh bubuk garam dapur.

- Tambahkan sedikit air kemudian aduk agar tercampur rata.

- Letakkan campuran tersebut pada pasta gigi dengan bulu yang lembut.

- Sikat gigi yang kuning dengan perlahan, diamkan 1 menit kemudian berkumur.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda dan Lemon

Lemon merupakan bahan pemutih gigi alami yang ampuh karena kandungan asamnya. Asam pada lemon akan membersihkan noda pada gigi dengan cepat. Lemon dan baking soda bisa menjadi pemutih gigi yang ampuh.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan lemon:

- pertama siapkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh air perasan jeruk lemon.

- Aduk hingga tercampur rata, oleskan campuran tersebut pada sikat gigi yang berbulu lembut dan Sikat secara pelan ke bagian gigi yang kuning.

- Diamkan selama 1 menit dan bilas atau berkumur hingga bersih.

Efek Samping Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Cara Mencegahnya

Baking soda memang terbukti cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara cepat. Namun, penggunaan yang berlebihan dan sering bisa menyebabkan erosi pada lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Untuk menghindari efek samping dari cara memutihkan gigi dengan baking soda tersebut, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Lakukan cara memutihkan gigi dengan baking soda 2 hari sekali. Kurangi pemakaiannya menjadi seminggu sekali atau dua kali seminggu jika terasa ngilu akibat perawatan tersebut.

2. Jika kamu menggunakan baking soda, jangan terlalu keras menyikatnya karena bisa merusak enamel, yang menyebabkan hipersensitif.

3. Kamu yang menggunakan kawat gigi sebaiknya tak melakukannya karena baking soda bisa melarutkan lem ortodontik.

4. Sebelum memutihkan gigi kuning yang membandel sebaiknya perhatikan jenis gigimu, apakah termasuk gigi sensitif atau tidak. Jika merupakan gigi sensitif maka sebaiknya hindari cara memutihkan dengan baking soda.

5. Bila ingin memutihkan gigi sendiri di rumah, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter gigi. Perhatikan pula kondisi gigi yang sensitif, kelainan gusi, serta menggunakan kawat gigi atau gigi palsu untuk menghindari hal yang tak diinginkan.