Berita Kesehatan
Kenali 5 Hal Tak Terduga Penyebab Noda pada Gigi
Kamis, 18 Jul 2019 15:34:44

noda pada gigi menyebabkan seseorang malu untuk tersenyum. Meski tak menimbulkan keluhan yang mengganggu, munculnya noda pada gigi tetap bisa menurunkan rasa percaya diri.

Noda pada gigi dapat muncul dalam wujud yang bervariasi. Mulai dari berwarna cokelat kekuningan dengan ukuran menyerupai bercak kecil, hingga kehitaman dengan ukuran yang relatif besar dan menganggu penampilan.

Noda pada gigi tak muncul sendirinya. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Makanan

Jenis makanan yang dapat meninggalkan noda pada gigi, seperti saus tomat, bumbu soto atau kari, serta buah-buahan berwarna pekat seperti beri. Makanan-makanan tersebut mengandung pigmen yang menempel pada lapisan pelindung gigi atau enamel. Dengan berjalannya waktu, noda ini bisa menjadi permanen, terutama jika Anda memiliki kebersihan mulut yang buruk.

  1. Minuman

Anggur merah adalah salah satu jenis minuman yang bisa menjadi penyebab munculnya noda pada gigi. Kandungan asam tannic yang terdapat di dalamnya menyebabkan timbulnya bintik-bintik berwarna kecokelatan pada gigi.

Selain anggur merah, kopi, teh dan beberapa jenis jus juga dapat menyebabkan gigi ternodai. Hal ini dapat terjadi karena minuman tersebut memiliki kandungan tanin, yaitu sejenis senyawa polifenol yang dapat menempel pada permukaan gigi dan mengubah warna gigi menjadi lebih kuning.

  1. Merokok

Merokok atau mengisap tembakau adalah kebiasaan buruk yang dapat membuat gigi terlihat cokelat hingga kehitaman. Kandungan nikotin dan tar yang terdapat di dalamnya dapat menempel pada pori-pori lapisan enamel gigi. Tak heran, sebagian besar perokok memiliki warna gigi yang lebih kusam.

  1. Penggunaan antibiotik

Beberapa obat dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, terutama obat golongan antibiotik berjenis tetrasiklin. Penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi obat tersebut selama kehamilan memiliki risiko yang tinggi untuk melahirkan anak dengan kondisi gigi kuning saat dewasa.

  1. Kerusakan gigi

Bakteri pada plak dan karang gigi akan memakan gula yang terdapat di dalam rongga mulut. Proses tersebut menghasilkan sifat asam yang dapat melemahkan lapisan enamel gigi yang akan melekat untuk waktu yang lama.

Seiring waktu, terjadinya kondisi tersebut melemahkan lapisan pelindung gigi sehingga gigi terlihat berwarna cokelat kekuningan. Jika tidak segera dibersihkan di dokter gigi, lama-kelamaan pembusukan bisa bertambah parah dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Jika Anda memiliki noda pada gigi, mana yang kira-kira menjadi biang keladinya? Untuk membantu mengatasi masalah ini, pastikan Anda membatasi makanan atau minuman yang telah disebutkan di atas.

Selain itu hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa bikin warna gigi berubah. Anda juga wajib menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari serta berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Noda pada gigi memang tidak menimbulkan keluhan yang berarti. Namun jika terjadi berkelanjutan atau tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin jika gigi akan mengalami kerusakan secara perlahan hingga akhirnya benar-benar kehilangan fungsi. Jadi, jangan anggap sepele noda pada gigi, ya!