Berita Kesehatan
Tidur dengan Mulut Terbuka Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan Gigi
Selasa, 09 Jan 2018 16:54:01

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang memang rentan dipenuhi bakteri. Hal ini dikarenakan dengan posisinya yang sering terbuka maka membuat bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam mulut. Mulut terbuka memang bisa saja berlangsung pada diri kita bahkan tanpa kita sadari. Keadaan mulut terbuka yang terjadi secara tidak disengaja atau reflek adalah seperti ketika menguap atau juga tidur terlentang.


Pada saat menguap mungkin keadaan mulut terbuka akan berlangsung sebentar, tapi bila dalam keadaan tidur terlentang maka keadaan mulut terbuka ini bisa berlangsung lama. Tapi apa apa dengan mulut terbuka? Mulut terbuka memang bisa berbahaya dan mempengaruhi kesehatan. Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan keasaman mulut karena efek bakteri dan efek air liur yang berkurang.


Dari akibat yang ditimbulkan tersebut maka keadaan tidur dengan mulut terbuka ini jelas tidak baik.  Padahal waktu tidur seharusnya merupakan waktu beristirahat dan menyehatkan. Tapi bila Anda tidur dengan cara yang salah maka bisa membuat tidur Anda jadi tidak menyehatkan. Bagian tubuh yang pastinya terganggu karena efek mulut yang terbuka adalah mulut, terutama gigi. Hal ini karena saat mulut terbuka akan membuat tingkat keasaman meningkat dan akhirnya membuat pengikisan enamel gigi.


Kerusakan gigi yang paling mungkin terjadi karena tidur dengan mulut terbuka adalah terjadinya peningkatan keasaman yang mengakibatkan pengikisan gigi. Hal ini sudah diteliti oleh Journal Rehabilitaion Oral. Dalam penelitian tersebut tercatat bahwa mereka yang tidur dengan mulut terbuka akan mencatatkan tingkat keasaman mulut yang tinggi mencapai angka 6,6 hingga 3,6. Tapi bila mereka tidur dengan mulut tertutup maka angka kadar keasaman mulutnya akan normal atau netral dengan mencatatkan angka 7,7.


Kesimpulannya, semakin lama seseorang tidur dengan mulut menguap maka tingkat keasaman mulut juga akan semakin tinggi. Dari efek yang ditimbulkan oleh tidur dengan mulut terbuka ini maka sudah seharusnya Anda menghindarinya. Karena ternyata bukan hanya efek pengikisan gigi, tapi dampak lain seperti munculnya karies dan juga pembusukan bisa terjadi karena tidur dengan mulut terbuka.



Baca juga : 10 Penyebab Bau Mulut pada Balita yang Perlu Diketahui Para Ibu