Berita Kesehatan
Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnya
Selasa, 20 Ags 2019 09:25:33

Salah satu penyakit mematikan yang sering kita dengar tidak lain dan tidak bukan adalah kanker. Pertumbuhan sel pembunuh tersebut selalu menghantui manusia dan menyebabkan kita selalu waspada akan hal itu. Uniknya, kanker memiliki banyak ragam bentuk, yang macamnya ditentukan lewat lokasi kanker tersebut.

Salah satu dari macam kanker tersebut adalah kanker nasofaring. Kanker yang diderita salah satu ustaz ternama, Arifin Ilham, serta Kim Woo Bin, aktor asal Korea ini bisa dibilang cukup berbahaya. Seperti apakah kanker nasofaring ini? Apa yang membedakannya dengan kanker yang lain? Berikut ini 9 faktanya!

1. Berlokasi di daerah wajah

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyanhs.uk

Sesuai namanya, nasofaring yang merupakan area tepat di atas tenggorokan, kanker ini menyerang area di situ, tepatnya di belakang hidung dan di balik langit-langit rongga hidung. Adapun gejala yang ditimbulkan kanker ini adalah benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur hingga kesulitan membuka mulut.

2. Belum diketahui pasti penyebabnya

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyaavivaromm.com

Para dokter masih belum mengetahui secara pasti apa penyebabnya, tapi disinyalir virus Epstein-Barr (EBV) memiliki koneksi dengan sel kanker tersebut. Virus ini umum terdapat pada air liur dan dapat ditularkan kepada orang-orang lewat kontak langsung.

3. Membuat sang penderita mengalami permasalahan di area wajah

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnya

Mulai dari benjolan tersebut, infeksi pada telinga yang dirasakan seperti berdengung, susah membuka mulut, sakit kepala hingga wajah nyeri atau bahkan mati rasa. Tidak memungkinkan juga mengalami mimisan, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

4. Susah diidentifikasi diri sendiri

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyacoach.nine.com.au

Walaupun terdapat benjolan, kanker nasofaring stadium awal sangat susah dikenali karena ukurannya yang masih kecil, menyebabkan banyak orang tak merasa perlu perawatan dokter. Baru setelah mengalami masalah-masalah, seperti susah bernapas atau tidak enaklah baru disadari jika terkena kanker nasofaring.

5. Juga banyak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyafortysecondavenue.blogspot.com

Selain faktor virus EBV, para dokter juga menduga penyakit itu muncul karena kesehatan di kehidupan sehari-hari. Seperti masalah makanan. Ya, makanan kukus yang asin, seperti ikan dapat menyebabkan hal itu. Endapan kimia makanan tersebut menumpuk di area nasofaring dan perlahan-lahan membentuk sel kanker.

6. Lebih umum untuk orang Asia dan Afrika

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyaune.edu.au

Berdasarkan data yang didapatkan para dokter, kanker nasofaring lebih banyak menyerang pria ketimbang wanita dan para penderitanya lebih umum didapatkan di area Cina, Asia Tenggara dan utara Afrika. Kanker ini pula dapat terjadi untuk umur berapa pun, tapi umumnya terdiagnosa pada umur 30 hingga 50 tahun.

7. Dapat diikuti dengan permasalahan tubuh yang lain

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyamedicalnewstoday.com

Kanker nasofaring juga dapat menjadi komplikasi. Masalah-masalah yang biasa diikutinya adalah benjolan tersebut merambat dan menyumbat tenggorokan, tulang hingga otak. Area lain yang bisa jadi tempat perambatannya adalah paru-paru dan hati.

8. Memiliki 4 stadium

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyahealthline.com

Stadium 1 mendiagnosa sel abnormal di nasofaring telah berubah jadi kanker dan mulai menyebar ke jaringan terdekat. Stadium 2 merebak ke satu atau lebih kelenjar getah bening di area tenggorokan.

Stadium 3, kanker sudah menuju tulang dan organ sinus lainnya. Lalu stadium 4, kanker sudah menyebar hingga ke area yang jauh dari nasofaring, seperti tulang selangka.

9. Belum ada cara pencegahannya

Ini 9 Fakta Kanker Nasofaring yang Menyerang Area Wajah dan Sekitarnyahumblemusings.com

Satu-satunya rekomendasi para dokter adalah dengan hidup sehat dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang membawa pada risiko kanker nasofaring. Itu termasuk merokok dan minum minuman beralkohol. Untuk diagnosanya, dokter menggunakan teknik nasal endoskopi untuk melihat lebih jauh kondisi benjolan.

Karena itulah, sering lakukan check-up ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi dengan tubuhmu. Jangan lupa pula untuk selalu hidup sehat.