Berita Kesehatan
5 Penyebab Mimisan pada Anak
Sabtu, 13 Jan 2018 16:03:02

Apalagi lagi jika si kecil masih berusia 3 hingga 10 tahun.

Mimisan terjadi karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang disebut dengan plexus kieselbach. Mimisan terjadi disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari luar maupun dalam. Mimisan juga biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki selaput darah yang tipis pada hidung.

Alergi

Alergi dapat membuat anak Anda menjadi sering bersin-bersin bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya mimisan. Jika si kecil alergi terhadap debu atau benda lain yang dapat menyebabkan bersin. Mulailah untuk menjauhkan anak Anda dari benda-benda tersebut.

Polusi Udara

Polusi udara sudah menjadi makanan setiap hari masyarakat. Kondisi udara yang kotor yang kemudian dihirup oleh anak Anda tentunya dapat mempengaruhi kesehatan si kecil. contohnya, asap kendaraan, asap rokok, dapat membuat anak Anda mengalami iritasi pada selaput lendirnya. Hal itu dikarenakan selaput lendir mereka terbilang masih sangat tipis dan sensitif.

Infeksi

Infeksi yang dapat menyebabkan mimisan tentunya bermacam-macam. Bisa karena hidung terkenan benturan, karena anak Anda menyeka hidunya terlalu keras, atau karena sinusitis.

Perubahan Suhu Udara

Perubahan suhu udara secara mendadak juga bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.Misalnya, selepas si kecil bermain di luar ruangan yang cuacanya sangat terik, lalu ia langsung masuk ke ruangan ber-AC. Hal ini bisa menyebabkan mimisan.

Udara Kering

Kondisi udara yang kering dapat membuat hidung ikut menjadi kering. Hal tersebut dapat menyebabkan bagian sektrum ikut menjadi kering dan terjadi mimisan.

Baca juga : 10 Hal Tak Terduga yang Bisa Memicu Mimisan