Berita Kesehatan
4 Bahan Alami Ini Berkhasiat Rontokkan Karang Gigi
Kamis, 18 Jan 2018 11:56:52

Coba lihat gigi Anda melalui cermin, adakah plak atau karang gigi yang membandal disana? Jika ya, plak dan karang gigi ini wajib dibersihkan. Sebab, selain mengganggu penampilan, ini juga membahayakan kesehatan gigi. Biasanya karang gigi terjadi akibat penumpukan kotoran sisa makanan yang terkena liur di mulut. Ketika beberapa lapisan plak ini menyatu dengan mineral yang ada dalam air liur, ia mengeras menjadi zat kalsifikasi berkapur putih yang disebut karang gigi.


Hal ini dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri mulut, dan sisa gula dari makanan yang Moms makan akan menempel juga pada gigi. Bakteri yang menempel ini menghasilkan racun yang menyebabkan berbagai masalah gusi. Selain itu, karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang. Maka itu, jika masih ditemukan karang gigi di mulut, segera bersihkan. Jika Anda terlalu sibuk untuk menemui dokter gigi, ternyata ada cara rumahan untuk membersihkan karang gigi.


Berikut, bahan alami yang dapat merontokkan karang gigi dengan cepat dan mudah.


1. Oil Pulling


Oil pulling adalah cara lama yang digunakan untuk kesehatan mulut dan membantu menghilangkan karang gigi. Minyak kelapa extra-virgin sangat bagus untuk digunakan karena mengandung asam laurat tinggi yang memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di Nigeria Medical Journal menunjukkan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa efektif untuk mengurangi pembentukan karang gigi dan plak.


Caranya: Diamkan di dalam mulut, 1 sdm minyak kelapa extra-virgin selama 3-5 menit. Muntahkan, jangan berkumur atau menelannya. Lalu sikat gigi seperti biasa. Ulangi setiap hari, di pagi hari sebelum makan apapun. Cara lain, bisa mengoles beberapa tetes minyak kelapa di gusi setiap hari,juga bisa menggunakan minyak wijen.


2. Baking soda

Sodium bicarbonate atau dikenal dengan baking soda adalah obat rumahan yang bagus untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Karena baking soda akan menetralkan asam di mulut, sehingga mengurangi jumlah bakteri berbahaya. Selain itu juga membantu memutihkan dan mencerahkan gigi.

Sebuah penelitian The Journal of Clinical Dentistry tahun 2008 menganalisislima studi klinis dan menyimpulkan baking soda lebih efisien menghilangkan plak daripada produk lainnya.


Caranya: Masukkan sedikit baking soda pada sikat gigi yang basah, lalu sikat gigi dengan itu perlahan.Bilas mulut dan gigi dengan air hangat. Sebagai alternatif, campurkan 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi yang sudah dibasahi, lalu sikat gigi dengan campuran itu. Gunakan baking soda ini satu atau dua kali dalam seminggu. Jangan lebih karena lama kelamaan dapat merusak enamel gigi.


3. Daun jambu biji


Buah ini diketahui dapat menghilangkan plak dan karang gigi membande. Jambu juga memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi.


Caranya: Cuci beberapa daun jambu biji dan kunyah dengan saksama, lalu buang. Lakukan ini setiap hari untuk mengurangi risiko terbentuknya plak pada gigi. Ambil sepotong jambu mentah, taburi garam di atasnya dan kunyah perlahan. Lakukan ini 1 sampai 2 kali sehari selama beberapa hari.


4. Cuka


Cuka mengandung asam asetat yang bisa membantu mencegah demineralisasi email gigi sekaligus mencegah dan mengurangi akumulasi karang gigi. Dia juga memiliki sifat antibakteri.


Caranya: Campur 2 sendok teh cuka putih dan 1 sendok teh garam dalam ½ cangkir air hangat. Bilas mulut dengan campuran ini satu atau dua kali sehari. Nah, mudah sekali bukan cara merontokkan karang gigi dan plak meski hanya dengan bahan rumahan saja. Jangan tunggu sampai lama, segera bersihkan karang gigi dan plak agar kesehatan gigi selalu terjaga.


Baca juga : Cegah Gusi Berdarah dengan Rutin Bersihkan Karang Gigi