Berita Kesehatan
Penting! Kesalahan Sikat Gigi yang Paling Sering Dilakukan
Sabtu, 05 Okt 2019 13:46:56

Menyikat gigi adalah kegiatan yang sangat dianjurkan oleh para dokter gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dokter sangat menyarankan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur. Namun beberapa orang belum paham bagaimana cara menyikat gigi yang benar agar kondisi kebersihan gigi bisa lebih maksimal dari sebelumnya. Kebanyakan mereka masih salah dalam melakukannya.

  • Langsung Sikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi setelah makan memang bagus, supaya sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut tidak mengeras dan berubah menjadi plak yang merusak gigi. Tapi jangan sekali-kali menyikat gigi segera setelah makan ya?

Sebaiknya beri jeda sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi. Hal ini disebabkan karena beberapa jenis makanan dan minuman, terutama yang mengandung asam dapat melembutkan enamel gigi. Menyikat gigi segera setelah makan dapat mengganggu keseimbangan oh alami di dalam mulut.

  • Menyikat Gigi Terlalu Keras

Sikat gigi itu jangan keras-keras. Pelan-pelan saja. Menyikatnya dengan terlalu keras hanya akan membuat pengikisan pada gigi. Kalau perlu gantilah pasta gigimu dengan sikat gigi berbulu sikat halus untuk mengurangi abrasi. Dan ingat, jangan keras-keras saat menyikatnya. gejala pengikisan enamel gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Menyikat Gigi Kurang dari Dua Menit

Berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk menyikat gigi? Semenit? Dua menit? Menurut Michael Tam, kamu membutuhkan waktu menyikat gigi selama dua sampai tiga menit.

Kurang dari itu ternyata menyebabkan sisa-sisa makanan tak terbuang seratus persen sehingga kemungkinan bisa menyebabkan noda pada gigi. Percayalah, banyak busa bukan berarti semua kotoran terangkat.

  • Terlalu Sering Ngemil

Sering mengemil? Wah, kebiasaan ini bukan cuma buruk untuk kamu yang sedang dalam program diet, gigimu juga bisa rusak karena kebiasaan ini. Mengemil terlalu sering sepanjang hari, hanya akan membuat mulut menjadi lebih asam dan gigi pun jadi lebih gampang rusak.

  • Menyikat Gigi Saat Mandi

Menyikat gigi saat mandi, terutama pada pancuran air yang mengalir sebenarnya tidak membuat kamu jadi fokus menyikat gigi. Cara terbaik dalam menyikat gigi adalah dengan berdiri di depan cermin, sehingga kamu bisa sekaligus melihat rongga mulut saat menyikatnya.

  • Berkumur Usai Sikat Gigi

Berkumur setelah setelah menyikat gigi ternyata adalah salah besar dan sangat tidak dianjurkan. Menyikat gigi sebenarnya bertujuan untuk memperbaiki dan membersihkan daerah mulut. Jadi disarankan untuk tidak melakukan kebiasaan yang tidak dianjurkan tersebut.

Berkumur segera setelah menyikat gigi adalah perbuatan sia-sia sebab bahan-bahan yang terkandung di dalam pasta gigi tidak meresap dengan baik pada gigi. Sebaiknya berkumurlah 30 menit setelah menyikat gigi.