Berita Kesehatan
Penyebab Penyakit Gigi Sensitif dan Pengobatannya
Senin, 14 Okt 2019 10:38:43

Penyakit gigi sensitif merupakan rasa nyeri sekaligus ngilu yang terasa pada gigi dan juga gusi setiap kali anda sedang melakukan aktivitas tertentu. Jika anda memiliki gigi sensitif, maka beberapa aktivitas seperti menyikat gigi, makan makanan manis atau minum minuman dingin bisa menyebabkan rasa sakit yang tajam pada gigi anda.

Gigi sensitif bisa terjadi karena enamel gigi yang terkikis atau akar gigi yang sudah terekspos. Terkadang, rasa tidak nyaman pada gigi juga bisa terjadi karena beberapa faktor lainnya seperti gigi yang retak, gigi berlubang, tambalan gigi atau efek samping dari prosedur seperti pemutihan gigi.



Tanda dan Gejala Gigi Sensitif

Penyakit gigi sensitif mempunyai beberapa ciri gigi sensitif yang biasanya terjadi termasuk rasa sakit, tidak nyaman di area mulut yang terjadi ketika gigi anda terpapar makanan yang mais atau asam seperti permen atau lemon atau suhu panas dan dingin seperti es krim, udara yang dingin, kopi yang panas dan sebagainya.

Kesalahpahaman yang biasa terjadi adalah gigi sensitif menjadi nyeri ketika anda mengkonsumsi makanan manis, asam, panas atau dingin yang menjadi penyebab gigi ngilu. Akan tetapi jika gigi sensitif pada dingin, maka rasa tidak nyaman bisa terjadi ketika udara dingin terhirup selain aktivitas lainnya seperti mengkonsumsi minuman yang dingin.

Sensivitas pada gigi juga rentan pada sentuhan atau tekanan di mana beberapa orang bisa merasakan sakit ketika sedang menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang gigi atau flossing gigi. Untuk itu, sangat penting diingat jika dalam beberapa kasus, gigi sensitif bisa disebabkan dan juga disertai dengan gusi yang menurun.



Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengendalikan gigi sensitif yang anda alami. Beberapa diantaranya adalah:

  • Sikat gigi dan pakai flossing gigi dengan teratur: Pakai teknik sikat gigi dan juga benang gigi dengan tepat agar bisa membersihkan semua bagian gigi dan mulut anda.
  • Pakai sikat gigi dengan bulu yang halus: Sikat gigi anda secara lembut dan juga hati hati di sekitar garis gusi sehingga tidak akan mengganggu jaringan gusi anda.
  • Pakai pasta gigi untuk gigi sensitif: Ada banyak merek pasta gigi sensitif yang bisa anda gunakan. Anda mungkin harus mencoba beberapa merek untuk menemukan produk yang paling tepat untuk anda. Aplikasikan tipis pada akar gigi yang terekspos dengan jari atau cotton but sebelum tidur. Gunakan juga pasta gigi dengan fluoride karena banyak pengaruh fluoride pada gigi dan bukan tartar control.
  • Perhatikan makanan anda: Hindari makanan dan juga minuman yang memiliki kadar asam terlalu tinggi.
  • Pakai produk dental dengan fluoride: Memakai obat kumur fluoride setiap hari bisa mengurangi tingkat sensitivitas gigi. Tanyakan juga pada dokter gigi tentang produk yang tersedia untuk pemakaian di rumah.
  • Jangan menggertakan gigi anda: Ketika anda tidur, sebaiknya pakai pelindung gigi agar menggertakan gigi atau bruxism bisa dihindari.
  • Kunjungi dokter gigi 6 bulan sekali: Sebaiknya, kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali atau lebih sering tergantung dari kondisi yang anda alami.


Pencegahan Gigi Sensitif

Untuk mencegah masalah penyakit gigi sensitif terutama gigi hipersensitif, maka anda harus menyikat gigi terakhir sebelum tidur di malam hari dan setidaknya 1 kali lagi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pilih juga pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif dan lakukan gerakan kecil serta memutar dengan sikat gigi berbulu halus sampai sedang serta hindari juga menyikat gigi secara menyamping. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah gigi sensitif lainnya yang bisa anda lakukan.

  • Ganti sikat gigi 2 hingga 3 bulan sekali atau lebih cepat jika memang sikat gigi sudah berubah bentuk.
  • Kurangi asupan makan manis dan juga minuman bersoda serta asam.
  • Jika anda menggerakan gigi, sebaiknya bicarakan dengan tim dental untuk solusi apakah anda memang harus mengenakan pelindung gigi di malam hari.
  • Jika anda ingin memutihkan gigi, maka diskusikan sensitivitas gigi anda dengan tim dental sebelum mulai perawatan memutihkan gigi tersebut.