Berita Kesehatan
Cara Mengatasi Abses Gigi dan Pengobatannya
Selasa, 15 Okt 2019 13:09:12

Penyakit abses gigi merupakan terbentuknya nanah karena infeksi parah di bagian lunak atau pulpa gigi yang bisa menyebar ke area akar atau abses periapikal. Kumpulan nanah tersebut akan berbentuk seperti kantung yang terus meluas seiring dengan bertambahnya jumlah nanah dan keparahan infeksi.

Abses gigi biasanya berawal dari gigi berlubang atau karies gigi yang tidak dirawat dengan baik atau karena celah di antara gigi dan gusi seperti karena karang gigi. Abses gigi tersebut akan menimbulkan rasa sakit, pembengkakan pada gusi atau terlihat kantung nanah di area gusi. Penyakit abses gigi ini harus segera ditangani supaya infeksi tidak semakin meluas dan berikut akan kami berikan beberapa cara mengatasi abses gigi dan pengobatannya yang bisa anda lakukan.

Tanda dan Gejala Abses Gigi

Tanda dan gejala utama dari abses gigi adalah sakit gigi yang parah, terus menerus dan intens. Rasa sakit tersebut bisa menyebar ke area rahang, telinga dan juga leher di sisi yang sama dengan gigi atau gusi yang mengalami abses. Rasa sakit juga akan terasa semakin parah ketika berbaring sehingga bisa mengganggu tidur penderita. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang bisa timbul karena abses gigi, seperti:

  • Rasa pahit di area mulut.
  • Penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap bahkan berbau busuk.
  • Demam.
  • Badan meriang.
  • Gigi sensitif pada makanan dan minuman yang panas atau dingin.
  • Pus di sekitar tepi gigi yang terinfeksi.
  • Kantung nanah yang terbentuk dan terlihat seperti benjolan berwarna kuning di bagian dalamnya.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
  • Rahang atas atau bawah yang membengkak yang menandakan jika kondisinya sudah serius.

Pemeriksaan dan Diagnosis

Dokter gigi akan memeriksa gigi, mulut dan gusi dengan seksama. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan dokter gigi adalah mengetuk gigi yang memang dicurigai. Jika gigi mengalami abses, maka akan terasa sakit atau menambah rasa sakit ketika diketuk. Selain itu, menggigit atau menutup mulut dengan kencang juga akan terasa menyakitkan.

Jika memang dibutuhkan, maka dokter juga akan melakukan manfaat penting rontgen gigi dan beberapa tes lain yang bisa membantu untuk menentukan gigi mana saja yang mengalami abses, daerah yang terpengaruhi dan penyebabnya.

Pengobatan Abses Gigi di Rumah

Sambil menunggu untuk menemui dokter gigi, obat penghilang rasa sakit bisa membantu untuk mengendalikan rasa sakit seperti ibuprofen yang juga merupakan antibiotik untuk sakit gigi. Akan tetapi jika anda tidak bisa menggunakannya karena alasan medis, maka parasetamol bisa digunakan sebagai alternatif.

Jika satu obat penghilang sakit tidak bisa meringankan rasa nyeri, maka obat kombinasi parasetamol dan juga ibuprofen bisa dipakai dengan dosis dan aturan pakai yang sesuai. Namun harus diperhatikan jika cara ini hanya bisa dilakukan untuk orang dewasa atau di atas 16 tahun.

Pengobatan Abses Gigi di Rumah Sakit

Prinsip utama dari cara mengatasi abses gigi dan pengobatannya adalah menghilangkan sumber infeksi serta mengeluarkan nanah. Tergantung dari lokasi abses dan keparahan infeksi, maka ada kemungkinan beberapa perawatan yang dilakukan, seperti: