Berita Kesehatan
6 Tips Memerangi Karies Gigi Anak
Rabu, 16 Okt 2019 13:36:18

40% anak di seluruh dunia yang memasuki taman kanak kanak memiliki riwayat jenis jenis penyakit gigi. Faktanya, karies gigi yang juga dikenal dengan kerusakan gigi sering mulai berkembang ketika masih bayi. Menurut penelitian, bayi mendapatkan Strep Mutans penyebab utama karies gigi pada manusia dari ibu selama jendela infektivitas yang diperkirakan ketika berusia sekitar 19 hingga 31 bulan. Untuk itulah sebagai orang tua sebaiknya bisa mengerti dengan baik bagaimana perawatan kesehatan mulut untuk bayi yang paling bagus dan tepat seperti beberapa tips memerangi karies gigi anak berikut ini.



1. Konsumsi Jus yang Direkomendasikan

Tips memerangi karies gigi anak yang pertama adalah memberikan jus yang direkomendasikan. Sebagai orang tua, pastikan anak anda tidak mengkonsumsi jus melebihi dari yang disarankan setiap harinya. Hal ini disebabkan karena jus mengandung banyak gula, sehingga cara terbaik adalah membatasi kuantitas dari jus tersebut.

Menurut asosiasi profesional dokter anak di Amerika Serikat, berikut adalah julam asupan jus yang disarankan berdasarkan usia.

  • Nol hingga usia satu tahun: Sebaiknya berikan yang berasal dari sumber buah utuh untuk mencegah penyebab karies gigi pada bayi.
  • Dua tahun sampai enam tahun: Maksimum empat sampai enam ons jus per hari atau sama dengan satu kotak jus kecil.
  • Tujuh tahun sampai 18 tahun: Maksimum delapan sampai 12 ons jus per hari.

Dokter juga menyarankan untuk menghindari memberikan jus pada bayi dari botol atau cangkir untuk mencegah mereka mengknsumsi jus pada siang hari dan pastikan menggunakan botol susu yang baik agar gigi anak tetap sehat. Sedangkan sebelum tidur, anak anak hanya boleh minum air dan tidak boleh diteruskan ketika anak sudah tertidur.



2. Hindari Memberikan Soda

Meski jus bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas, namun untuk soda adalah larangan terbesar untuk anak. Menurut Wisconsin Dental Association, mengkonsumsi minuman ringan secara teratur dianggap sebagai salah satu penyebab utama dari kerusakan gigi.

Dalam soda mengandung banyak gula yang akan bergabung pada bakteri mulut dan membentuk asam. Pada gilirannya, asam akan menyerang dan merusak gigi. Pada saat hal ini terjadi, maka enamel gigi yakni lapisan luar gigi yang paling protektif akan melemah dan menyebabkan peningkatan kerentanan gigi untuk membusuk.



3. Batasi Makanan Lengket dan Gula

Terkadang, memberikan sesuatu yang manis pada anak memang diperbolehkan, namun sebaiknya juga dihindari untuk pencegahan karies gigi. Makanan yang manis dan lengket seperti granola, kismis dan permen bisa menempel pada gigi dan menyebabkan perkembangan bakteri. Seperti yang ada di dalam soda, gula yang ditemukan dalam camilan merupakan makanan bagi bakteri yang kemudian akan melepaskan asam dan merusak gigi anak.



4. Berikan Camilan Sehat

Dibandingkan memberikan jus, sebaiknya berikan anak anda segelas air biasa. Sedangkan dalam hal makanan, berikan camilan sehat dan lezat pada anak seperti apel, wortel, yogurt, kacang kacangan dan sayuran berdaun. Anda juga bisa mencampur buah dan sayuran untuk membuat smoothie yang menyegarkan.



5. Hentikan Kebiasaan Memakai Dot

Memakai dot hingga usia seseorang bisa berguna dengan baik karena sebagai faktor pelindung terhadap Sindrom Kematian Bayi Mendadak. Akan tetapi sesudah usia tersebut, maka pemakaian dot yang cukup lama bisa menimbulkan masalah menggigit dan ketidakselarasan rahang yang juga mempersempit atap mulut anak serta kelainan gigi susu.



6. Praktekkan Perawatan Mulut yang Tepat Sedini Mungkin

Meski gigi pertama anak memang belum muncul, akan tetapi sebaiknya bentuk kebiasaan membersihkan gusi mereka dengan menyeka area tersebut memakai kain kasa atau handuk yang bersih dan lembab. Pada saat gigi bayi mulai keluar, maka lanjutkan dengan memakai sikat gigi lembut dari nilon yang dipoles untuk menyikatnya.

Pada usia dua tahun, anak bisa mulai memakai pasta gigi yang mengandung fluoride dengan kurang dari 1.000 bagian per juta dan batasi pemakaian pasta gigi sebanyak satu tetes saja. Sikat gigi anak dengan lembut untuk membersihkan sisa makanan dan memastikan kebersihan gigi anak anda.