Berita Kesehatan
Kesalahan dalam Menyimpan Sikat Gigi yang Perlu Diketahui
Senin, 04 Nov 2019 10:50:13

Sikat gigi yang kelihatannya bersih, ternyata berpotensi menumpuk kuman serta bakteri berbahaya. Berdasarkan hasil penelitian dari University of Manchester di Inggris, sikat gigi kemungkinan bisa terkontaminasi lebih dari 10 juta bakteri termasuk jenis yang berbahaya seperti E.coli (juga ditemukan pada faeses manusia) dan staphylococcus (bakteri penyebab infeksi pada luka).

Merawat sikat gigi dengan benar merupakan kunci utama terhindar dari hal-hal yang merugikan kesehatan gigi dan gusi. Sayangnya, seringkali tanpa disadari Anda salah memperlakukan sikat gigi dalam keseharian. Dilansir Foxnews Beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dalam menyimpan sikat gigi:

  • Saling Bertukar Sikat Gigi

Meskipun temanmu tidak membawa sikat gigi sekalipun, jangan pernah meminjamkan sikat gigi milikmu kepada temanmu tersebut. Saling bertukar sikat gigi sama saja dengan saling bertukar bakteri dari mulut temanmu ke teman kamu. Hal ini hanya akan menimbulkan infeksi yang serius pada gigi. Penyakit akibat bertukar sikat gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.



  • Mengguyur Toilet saat Sedang Menggosok Gigi

Tahukah kamu jika kamu sedang menggosok gigi, kamu dilarang mengguyur toilet? Kuman yang berada di toilet bisa berpindah ke sikat gigi yang sedang kamu pegang. Bagaimana bisa?

Air yang kamu guyur ke toilet bisa terciprat dengan mudah ke sikat gigi. Hal ini mungkin saja terjadi terutama saat jarak antara tangan kamu dengan toilet sangat dekat. Gosok gigi merangsang otak anak jadi cerdas bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.



  • Menutup Kepala Sikat Gigi

Mungkin ini menjadi kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh hampir semua orang. Sebagian besar dari kamu pasti mengira jika kepala sikat gigi lebih aman ditutup agar kuman tak hingga di bulu sikat. Padahal hal ini justru membuat bulu sikat menjadi lembab dan membuat sikat sebagai tempat berkembang biak bagi bakteri yang berbahaya.



  • Meletakkan Sikat Gigi dalam Posisi Horizontal

Ternyata cara meletakkan sikat gigi juga ada aturannya loh. Kamu tak bisa menaruh sikat gigi di mana saja dan tak boleh diletakkan dengan posisi horizontal.

Sebaliknya, sikat gigi harus ditempatkan dalam keadaan vertikal baik di gelas atau wadah lainnya. Karena posisi horizontal akan membuatnya tetap lembab dalam waktu yang lebih lama dan memungkinkan bakteri tumbuh.



  • Tidak Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala

Untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada sikat gigi, sebaiknya ganti sikat gigi kamu setiap tiga bulan sekali. Kamu tak boleh sedikitpun lupa untuk mengganti sikat gigi karena sejatinya sikat gigi mengandung banyak bakteri yang tidak bisa dibersihkan sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit.



  • Sterilkan Sikat Gigi Dalam Microwave

Ada beberapa orang yang menaruh sikat gigi dalam mocrowave dengan tujuan untuk mensterilkan. Kebanyakan sikat gigi terbuat dari plastik, silikon, dan nilon, artinya microwave akan menghancurkannya.

Dengan memanaskan sikat gigi dalam microwave akan menyebabkan pelepasan bisphenol-A (BPA) yang ada pada plastik sikat gigi. BPA ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan infertilitas dan berbagai jenis kanker.



Itu dia beberapa keselahan menyimpan sikat gigi yang selama ini mungkin beberapa diantranya sering kita lakukan. Semoga setelah membaca ini kita bisa lebih hati – hati lagi dalam menyimpan sikat gigi agar tidak menjadi sarang kuman. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.