Berita Kesehatan
Berkumur Setelah Makan, Cara Sederhana Cegah Karang gigi
Jumat, 08 Nov 2019 12:19:38

Memiliki gigi yang putih, bersih, rapih dan juga sehat tentunya adalah idaman setiap manusia. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya gigi ini memiliki peran yang sangat penting dan boleh dikatakan vital dalam tubuh kita.  

Bukan hanya berperan sebagai sistem pengolahan makanan atau yang biasa kita sebut sebagia sistem pencernaan mekanik dalam tubuh, namun gigi ini juga berperan penting untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika kita berinteraksi dengan orang, terlebih lagi bagi mereka yang sering bertemu dan berinteraksi dengan orang banyak. Karang gigi bisa dicegah dengan melakukan pijat gigi bisa anda jadikan sebagai referensi tambahan.

Oleh karena itulah kebersihan dan kesehatan gigi ini merupakan hal yang sangat penitng untuk kita perhatikan dan juga rawat tentunya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk merawat gigi tersebut adalah dengan melakukan hal kecil yang sering kita tidak tahu tujuannya apa. Sebut saja seperti berkumur.

Berkumur sehabis makan cara sederhana cegah karang gigi pada gigi kita. Sobat semua tentunya sering berkumur ya pada saat setelah makan, nah cara tersebut bisa membersihkan sisa makanana dalam mulut dan juga sela gigi anda, sehingga bisa ikut tertelan bersama air minum yang anda gunakan untuk berkumur tersebut. Bahaya berkumur air laut bagi gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas apa sebenarnya fungsi dari berkumur untuk kesehatan gigi dan mulut anda tersebut? Berikut ulasannya untuk anda. Cekidot.

1.Membersihkan Sisa Makanan

Seperti yang sudah penulis utarakan diatas sobat, bahwasanya berkumur memberi manfaat untuk anda dalam hal membersihkan sisa makanan dalam sela gigi dan juga rongga mulut anda yang lainnya.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk anda mengingat pada saat setelah kita makan aka nada sisa makanan yang menempel pada sela gigi dan juga mulut. Namun dengan berkumur sisa makanan tersebut bisa ditelan atau dibuang. Ini merupakan salah satu cara untuk cegah karang gigi pada gigi anda.

2. Menyegarkan Nafas

Nafas yang segar tentunya tidak terlepas dari mulut ynag bersih. Setuju ya sobat. apabula kondisi gigi dan mulut kita banyak terdapat sisa makanan, maka bakteri dan kuman yang ada pada mulut anda akan dengan cepat mengubah sisa makanan tersebut menjadi zat asam yang pada akhirnya akan membuat mulut dan nafas anda menjadi bau.

Untuk itulah sobat, ada baiknya setiap kali selesai makan anda berkumur untuk menghindari nafas tak sedap tersbeut yang bisa saja membuat anda dan orang disekitar anda menjadi tidak nyaman.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi yang sehat adalah gigi yang terawat dan bebas dari kiman atau bakteri. Kuman atau bakteri yang ada di mulut kita sebagian besar karena adanya sisa makanan dalam mulut tersebut. Sisa makanan ini nantinya akan digerogoti oleh kuman dan bakteri sehingga potensi kerusakan gigi pun akan semakin besar. Sebut saja seperti karang gigi dan juga gigi berlubang.

Nah sobat semua, berkumur sehabis amkan cara sederhana cegah karang gigi anda. Semoga ulasan diatas bisa bermnafaat dan menambah wawasan anda serta bisa menjadi refrensi untuk anda. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam gigi sehat.