Berita Kesehatan
Gejala Sakit Flu Semakin Parah Jika Anda Sedang Kesepian. Kok Bisa?
Senin, 11 Nov 2019 11:30:09

Pernahkah Anda terserang sakit flu selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu? Seakan sakit flu yang Anda derita tidak kunjung sembuh namun justru memburuk? Jika Anda pernah mengalaminya, mungkin itu tanda bahwa Anda sedang kesepian. Oleh karena itu Anda mengalami gejala sakit flu yang parah. Lalu apa hubungannya antara kesepian dengan parahnya gejala sakit flu?

Gejala sakit flu akan lebih parah jika Anda sedang merasa sendirian dan tak ada teman

Gejala sakit flu yang tak kunjung membaik bisa jadi tanda bahwa Anda sedang merasa kesepian. Ya, pernyataan tersebut muncul dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Houston dan Rice University.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology ini, mendata sebanyak 159 peserta yang berusia antara 18-55 tahun. Semua peserta diminta untuk mengisi kuesioner yang mengukur seberapa sering mereka berhubungan dan kontak sosial dengan lingkungan. Selain itu, mereka juga melaporkan setiap hari terkait gejala flu yang dirasakan, seperti sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, radang tenggorokan, dan gejala lainnya.

Lalu pada akhir penelitian, peneliti menemukan jika terdapat 75% peserta yang mengaku mereka kesepian dan jarang melakukan kontak sosial dengan lingkungan sekitar. Kelompok tersebut juga diketahui mengalami gejala sakit flu yang lebih parah ketimbang kelompok peserta yang tidak merasakan kesepian sama sekali.

Dalam penelitian ini, telah dibuktikan jika orang yang merasa kesepian akan cenderung mengalami gejala sakit flu yang lebih buruk.

Lalu kenapa gejala sakit flu akan lebih parah jika saya sedang merasa sendirian?

Seseorang yang merasa sendiri, cenderung mengalami kesedihan dan tekanan yang lebih banyak ketimbang dengan orang yang memiliki teman banyak atau mempunyai ikatan sosial yang kuat dengan orang lain. Hal ini disebabkan karena ia tidak memiliki sosok yang dapat membuatnya nyaman dan menyimpan semua masalah serta emosinya sendiri.

Tanpa ia sadari, ia sudah tertekan dan mengalami stres. Padahal, stres sendiri akan membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah, sehingga virus dan bakteri semakin mudah untuk menginfeksi tubuh. Maka tidak heran jika orang stres justru rentan terserang sakit flu dan bila sudah mengalaminya, gejala yang muncul akan semakin parah.

Bagaimana mencegah gejala sakit flu agar tidak terlalu parah?

Apabila Anda merasa sakit flu yang Anda alami tidak kunjung sembuh, maka memang sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi pasti dari kesehatan Anda. Namun, ada beberapa hal sederhana yang juga bisa membuat Anda membaik dan mencegah gejala sakit flu semakin parah.

  • Luangkan waktu untuk beristirahat lebih lama.
  • Banyak minum air putih.
  • Mandi dengan air hangat.
  • Minum obat untuk meredakan gejala.
  • Buat tubuh selalu nyaman dan rileks, hindari stres.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi untuk membantu pemulihan.