Berita Kesehatan
Fungsi Utama Adanya Gigi Bungsu dan Penjelasannya
Senin, 11 Nov 2019 12:19:17

Bukan hanya anak bungsu yang ada, namun gigi bungsu juga ada loh sobat. Apakah sobat semua pernah mendengarkannya? Iya, gigi bungsu tersebut meruapakan gigi yang akan tumbuh paling terakihi dari semua gigi yang ada dalam mulut anda.

Pada umumnya gigi bungsu ini adalah jenis gigi geraham yang letaknya paling pojok atau paling ujung dari semua gigi pada mulut kita. Pada umumnya, di usia yang tak lagi muda maka mereka akan merasakan salah satu sensasi yang disebut dengan sensasasi tumbuhnya gigi bungsu.



Biasanya sensai tersebut bisa seperti munculya rsa nyeri yang sangat luar biasa pada gigi, karena tumbuhnya gigi geraham bungsu tersebut. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwasanya gigi geraham ini kerap selai muncul pada usia 17 hingga 25 tahun yang menyebabkan rasa nyeri yang sangat luar biasa sehingga tidak jarang bisa menyebabkan seseorang menjad demam dan bisa saja menggangu aktivitas anda.

Namun meski pada saat akan tumbuh gigi bungsu ini cenderung membuat tidak nyaman,  ternyata menurut pakar kesehatan ternyata gigi bungsu ni cenderung memiliki fungsi yang sangat penting dalam estetika mulut kita secara keseluruhan. Lalu apa saja fungsi utama adanya gigi bungsu tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.



  • Menyelarasakan Bentuk Gusi

Pada umunya tumuhnya gigi bungsu tersebut ada pada tiga empat titik, yakni pada bagian pojok bawah dan atas gigi geraham yang meliputi bagian kiri dan kanan. Dengan tumbuhnya gigi bungsu tersebut, maka bentuk gusi anda atau estetika mulut anda akan lebih terlihat selaras dan sempurna karena sudah didukung oleh adanya gigi bungsu tersebut.

Bisa anda bayangkan ya sobat, jika gigi bungsu tersebut tidak tumbuh, maka kemungkinan pipi anda akan terlihat lebih masuk oleh karena tidak ada yang menopang pipi tersebut.Penanganan gusi bengkak karena gigi mati bisa anda pelajari lebih lanjut.



  • Menyempurnakan Proses Pengunyahan Makanan

Gigi geraham adalah salah satu jenis gigi yang terdapat pada mulut kita yang berfungsi untuk melumatkan makanan. Semakin banyak gigi geraham, maka akan semakin cepat pula pengunyahan makanan dalam mulut anda berlangsung.

Selain lebih cepat, tentunya akan membuat tekstur makanan dalam mulut anda menjadi lebih lembut sehingga bukan hanya baik bagi pencernaan, namun baik bagi enzim dalam tubuh anda, sehingga makanan tersebut akan lebih cepat diserap oleh tubuh anda. Cara dan lama mengunyah makanan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.



  • Mengatasi Keausan Pada Gigi

Coba anda bayangkan sobat, pada saat anda tidak memiliki gigi geraham, tentuya hal ini akan sangat bermasalah bagi anda. Masalahnya beragam, sebut saja seperti kesusahan dalam pengunyahan makanan dalam mulut anda. 

Jika tidak ada gigi geraham ini, maka bisa dipastikan gigi anda akan mengalami keausan karena gigi yang seharunya tidak berperan untuk melumatkan makanan, namun anda paksa untuk melumatkan makanan tersebut, sehingga akan membuat gigi tersebut leih cepat aus.

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca tulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.