Berita Kesehatan
Ini Dia Peran Mineral Terhadap Kesehatan Gigi
Rabu, 13 Nov 2019 12:28:50

Bukan hanya berperan penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun ternyata mineral juga memiliki peranan penting untuk kesehatan gigi anda.

Seperti hal nya vitamin, mineral ini merupakan nutrisi yang penting untuk pemeliharaan dan kesehatan dan juga untuk mencegah penyakit dalam tubuh anda secara keseluruhan.



Mineral dan vitamin tersebut akan bertindak secara interaksi karena tubuh kita tentunya membutuhkan vitamin agar mineral tersebut dapat bekerja dengan sebaik mungkin. 

Adapun perbedaan besar antara vitamin dan mineral tersebut adalah jika pada mineral merupakan sejenis senyawa anorganik, sedangkan vitamin merupakan senyawa organik. Namun baik mineral maupun vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari mineral tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Yodium
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Silicon
  • Selenium

Itulah sobat beberapa jenis mineral yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh kita dan juga oleh gigi kita secara keseluruhan.

Nah sobat, berbicara mengenai mineral tersebut tentunya ia berperan untuk kesehatan gigi anda. Berikut ini adalah beberapa peran mineral untuk kesehatan gigi tersebut, antara lain :



1.Merawat Enamel Gigi

Peran pertama dari mineral tersebut untuk gigi adalah untuk mejaga enamel gigi. Disebut sebagai senyawa yang melindungi enamel gigi karena kandungan yang terdapat pada mineral tersebut berperan aktif untuk memperkuat enamel tersebut serta melindungi warna enamel dan gigi anda secara keseluruhan.

Untuk itu sobat, baiknya jika anda mengonsumsi air mineral, maka pilihlah air mineral yang kandungan mineralnya tinggi untuk merawat gigi anda sebaik mungkin.



2. Merangsang Pertumbuhan Gigi

Bagi mereka yang masih bayi atau anak-anak yang tergolong masih mengalami pertumbuhan gigi, maka kandungan mineral yang tinggi dalam air mineral yang mereka konsumsi sangatlah baik untuk pertumbuhan gigi mereka.

Hal ini dikarenakan mineral tersebut berperan untuk merangsang partikel partikel gigi secara efektif. Anda tentunya pernah memperhatikan ya sobat bahwasannya pertumbuhan gigi seseorang berbeda-beda.

Hal tersebut tidaklah terlepas dari kandungan air mineral yang dikonsumsi oleh seseorang tersebut. Untuk itu sobat, baiknya perhatikan kembali kandungan air minum yang anda konsumsi tersebut. Finger food yang baik untuk pertumbuhan gigi bayi bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.



3. Memperkuat Tulang Gigi

Gigi merupakan komponen atau bagian terkecil dari tubuh kita, namun meski demikian gigi tersebut meruapakan salah satu organ yang tergolong kuat. Begitu pula halnya dengan tulang gigi tersebut.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, gigi tersebut juga mempunyai tulang yang berperan penting untuk menopang gigi anda selain dari gusi tentunya.

Nah sobat, mineral juga mempunyai peranan penting untuk membaut tulang gigi anda menjadi kuat. Jika tulang gigi anda kuat, maka secara otomatis gigi anda juga akan kuat nantinya. Untuk itu, pilihlah jenis air minum yang tinggi akan mineral.



Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai peran mineral untuk kesehatan gigi anda. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Sampai jumpa, salam hangat selalu dari penulis.