Berita Kesehatan
Langkah Redakan Bengkak Pipi Akibat Sakit Gigi
Kamis, 14 Nov 2019 09:48:37

Sakit gigi biasanya disertai dengan rasa nyeri dan bengkak pada pipi sehingga menyebabkan penyakit pulpitis. Pipi akan terasa sakit dan terlihat membesar, tentunya kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami kesulitan. Hal tersebut terjadi saat infeksi mulai berkembang dalam gigi. Parahnya kondisi ini juga dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak.

Berikut ini beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk meredakan pembengkakan pipi yang dapat dilakukan di rumah agar terhindar dari penyebab sakit gigi kambuh:



  • Larutan Air Garam

Larutan air garam sudah dikenal sebagai bahan ampuh untuk mengatasi sakit gigi sebagai obat alami gigi berlubang dan berdarah. Cara ini juga dapat menghilangkan bengkak pada pipi akibat sakit gigi.  Anda dapat menggunakan campuran air garam dengan air hangat.

Jadikan sebagai obat kumur – kumur, air garam juga baik untuk membunuh kuman dan bakteri yang dapat membuat gigi menjadi sakit. Anda dapat mencobanya 2 kali dalam sehari, atau sampai kondisi pipi kempes.



  • Perasan Jeruk Lemon

Jeruk lemon yang kaya dengan kandungan vitamin C sangat efektif untuk meredakan sakit gigi secara alami. Cukup peras secukupnya jeruk lemon kemudian jadikan sebagai obat kumur atau teteskan pada gigi yang sakit, lakukan 2 kali sekali dan hasilnya pipi bengkak akan kembali secara normal. Berikut ini contoh gejala cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi penyebab, dan pengobatannya.



  • Es Batu

Es batu juga dapat anda manfaatkan untuk mengurangi pembengkakan pada pipi. Caranya ambil es batu secukupnya kemudian masukkan dalam sebuah kain yang bersih, gunakan es batu tersebut untuk mengompres pipi bengkak Anda.

Lakukan selama 15 menit, maka pipi bengkak akan menjadi kempes, Anda dapat mencoba cara ini sampai kondisi gigi menjadi membaik. Contoh penyebab sakit gigi kambuh penyebab, gejala dan pengobatannya.



  • Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh yang sebelumnya dihangatkan terlebih dahulu. Setelah itu oleskan minyak pada gigi dan juga pipi yang bengkak. Rasa nyeri akan berkurang dan bengkak juga akan sedikit demi sedikit mulai mengempes, lakukan cara ini sampai kondisi membaik. Berikut beberapa sakit gigi sampai ke kepala dan mata penyebab dan pengobatannya.



  • Daun Sirih

Daum sirih juga dapat mengempeskan bengkak pada pipi yaitu dengan cara menumbuk beberapa daun sirih sampai agak halus. Kemudian Anda campurkan dengan air panas dan sedikit menambahkan garam dapur yang halus. Setelah itu, air daun sirih dan garam bisa dipakai untuk berkumur. Berkumurlah beberapa saat dan sampai ramuannya habis, maka pipi bengkak akibat sakit gigi.



  • Obat Sakit Gigi

Banyak pilihan obat untuk mengobati rasa sakit gigi yang parah, Anda dapat membeli onat tersebut melalui toko obat atau apotik terdekat. Obat tersebut dapat mengobati sakit gigi dan pada akhirnya pipi bengkak dapat kempes dengan seketika. Minumlah onat penghilang rasa sakit sesuai petunjuk dan aturan pakainya. Berikut ini beberapa sakit gigi disertai sakit pada telingan penyebab dan pengobatannya.



  • Pepaya

Cara mengatasi pipi bengkak berikutnya yaitu dengan buah pepaya segar yang bisa menjadi obat bagi pipi bengkak dan sakit gigi. Iris beberapa buah pepaya dan irisan tersebut dapat ditempelkan ke bagian yang sakit.

Biarkan 10 menit dan kemudian bersihkan dengan cara berkumur menggunakan obat kumur antiseptik. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari, maka bengkak pada pipi akan hilang. Berikut ini cara menjaga kebersihan gigi dan mulut paling berkhasiat dan aman.



  • Kunyit

Cara mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi yaitu dengan kunyit. Caranya Anda bisa mencoba mencampurkan sesendok teh kunyit bubuk dengan air sampai membentuk adonan pasta. Oleskan pasta ini pada bagian sakit gigi yang nyeri dan diamkan selama 15 menit dan gunakan air hangat untuk berkumur dan membersihkannya.



Banyak cara yang dapat dilakukan dirumah untuk meredakan pembengkakan pada pipi saat sakit gigi. Pilihlah cara yang sekiranya dapat anda lakukan, lakukan Deny benar dan rutin, bengkak dan rasa sakit pada pipi anda akan berkurang.