Berita Kesehatan
Alasan Harus Ganti Sikat Gigi 3 Bulan Sekali, Begini Penjelasannya
Selasa, 19 Nov 2019 12:12:19

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk  menjaga kebersihan dan kesehatan gigi adalah dengan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Baiknya anda menggosok gigi anda pada saat pagi hari setelah sarapan dan juga pada malam hari saat aktivitas dalam mulut anda sudah selesai (proses mengonsumsi dalam mulut anda sudah selesai).

Selain itu sobat, penggunaan pasta gigi dan sikat gigi yang tepat juga tidak kalah penting dalam hal ini untuk mendukung kesehatan gigi anda tersebut.

Gunakanlah sikat gigi yang tidak terlalu kasar agar tidak melukai gusi anda dan juga tidak terlalu lembut kuman atau bakteri dalam mulut dan gigi anda bisa bersih secara maksimal.



Dan yang tidak kalah penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah penggunaan flossing gigi serta obat kumur untuk memaksimalkan kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi anda secara keseluruhan.

Selain hal diatas sobat, hal yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan adalah penggunaan sikat gigi anda. Baiknya dan idealnya sobat, pemakaian sikat gigi tersebut baiknya tidak lebih dari 3 bulan. 

Karena apabila anda menggunakan sikat gigi tersebtut lebih dari 3 bulan pemakaian. Nah sobat, untuk ulasan selengkapnya, berikut  ini alasan harus ganti sikat gigi 3 bulan sekali. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.



1.Agar Terhindari Dari Bakteri dan Kuman

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat,  peran sikat gigi tersebut adalah untuk membersihkan kuman atau bakteri  yang ada dalam mulut kita. Atau dengan kata lain, bulu sikat gigi tersebut akan menjadi tempat kumpulan atau tempat kuman-kuman tersebut bersarang.

Nah sobat semakin lama anda menggunakan sikat gigi tersebut, maka akan semakin banyak pula kuman atau bakteri yang akan menempel di bulu sikat gigi tersebut. Untuk itu sobat, ada baiknya jika anda menggunakan atau mengganti sikat gigi tersebut dengan jangka waktu tidak lebih dari 3 bulan. fungsi bakteri baik di mulut bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.



2. Pembersihan Gigi Tidak Akan Maksimal

Sikat gigi yang baik untuk menyikat bakteri atau kuman dalam mulut anda adalah sikat gigi yang memiliki bulu yang masih baik dan bersih. Nah sobat, pada saat masa pakai sikat gigi anda sudah lama dan bulunya sudah nyaris botak.

Tentunya hal ini akan menghambat proses pembersihan gigi tersebut secara keseluruhan. Untuk itu sobat, baiknya masa pakai sikat gigi anda tidak lebh dari 3 bulan untuk memastikan gigi anda dalam keadaan yang bersih dari kuman. Cara membersihkan gigi dengan benang gigi bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.



3. Bisa Melukai Gusi

Sikat gigi yang bulunya sudah tidak layak pakai alias sudah tidak normal, maka hal ini akan menyebabkan masalah pada gusi anda nantinya.  Bulu sikat gigi yang sudah botak, maka akan sakit jika anda gunakan untuk menyikat gigi tersebut.



Itulah sobat alasan harus ganti sikat gigi 3 bulan sekali yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya.

Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.