Berita Kesehatan
Bisakah Flu Perut Dicegah dengan Vaksin Influenza?
Senin, 02 Des 2019 12:29:36

Vaksin flu dinilai cukup efektif dalam mencegah penyebaran virus influenza serta mengurangi tingkat keparahannya. Meski demikian, vaksin flu ternyata tidak dapat mencegah penyakit flu perut yang menyerang sistem pencernaan.

Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Mengapa vaksin flu tidak bisa mencegah flu perut?

Influenza atau flu adalah penyakit yang berbeda dengan pilek biasa (common cold). Penyakit flu memiliki gejala yang sangat mirip dengan pilek, tetapi keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda.

Pilek biasa akan menyebabkan hidung mampet dan meler tanpa adanya komplikasi serius. Sebaliknya, penyakit flu dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti pneumonia, peradangan pada jantung, hingga kegagalan organ yang berakibat fatal.

Pemberian vaksin flu bertujuan agar tubuh membentuk antibodi guna menangkal infeksi virus influenza. Melansir laman Centers for Disease Control and Prevention, pemberian vaksin flu sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali.

Vaksin flu dapat melindungi Anda dari penyakit flu akibat virus influenza A dan influenza B, tetapi vaksin ini tidak bisa mencegah flu perut. Meski sama-sama disebut ‘flu’, flu perut adalah penyakit yang sama sekali berbeda dengan influenza.

Apa itu flu perut?

obat muntaber

Flu perut adalah istilah lain dari penyakit yang disebut gastroenteritis, atau lebih umum disebut sebagai muntaber. Walaupun disebut ‘flu’, penyakit flu perut sebenarnya tidak disebabkan oleh infeksi virus influenza.

Penyakit flu perut dapat disebabkan oleh berbagai macam virus, di antaranya rotavirus dan norovirus. Anda dapat tertular penyakit ini melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau kontak langsung dengan penderita.

Vaksin flu tidak dapat mencegah flu perut karena virus penyebab, organ tubuh yang terserang, dan gejalanya pun berbeda. Influenza menyerang sistem pernapasan dan ditandai dengan demam, batuk, nyeri otot, serta hidung mampet.

Sedangkan, penyakit flu perut menunjukkan gejala berupa:

  • Nyeri dan kram perut
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Demam ringan
  • Otot linu atau sakit kepala

Orang dewasa dengan kondisi tubuh yang sehat biasanya dapat pulih dengan cepat. Namun, penyakit ini dapat berbahaya bagi anak-anak, lansia, serta orang-orang dengan fungsi kekebalan tubuh yang menurun.

Cara mencegah penyakit flu perut

gejala keracunan makanan dan flu perut

Anda tidak dapat mencegah penyakit flu perut menggunakan vaksin flu karena keduanya merupakan hal yang amat berbeda. Meski begitu, influenza maupun penyakit flu perut sama-sama bisa dicegah dengan menjaga kebersihan.

Langkah paling mudah adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bersihkan pula setiap bagian rumah yang paling sering tersentuh untuk membasmi virus penyebab penyakit.

Pastikan semua makanan dan minuman tersimpan dalam wadah bersih dan tertutup agar terlindung dari kontaminasi virus. Hindari berbagi alat makan, gelas, handuk, maupun barang pribadi lainnya dengan orang lain.

Guna mencegah mencegah flu perut pada bayi dan anak-anak, Anda dapat memberikan vaksin rotavirus melalui program imunisasi. Vaksin ini diberikan pada saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan.

Influenza dan penyakit flu perut merupakan dua penyakit yang berbeda. Vaksin yang digunakan untuk mencegahnya juga berlainan. Namun, kebersihan diri yang terjaga adalah salah satu kunci mencegah keduanya.