Berita Kesehatan
Efektifkah Masker untuk Mencegah Penyebaran Flu?
Senin, 30 Des 2019 09:44:45

Saat musim flu tiba, beberapa orang kerap menggunakan masker untuk mencegah tertular atau menularkan flu. Masker dianggap mampu mencegah penyebaran virus karena udara yang keluar dari mulut dan hidung akan disaring terlebih dahulu.

Benarkah masker efektif untuk mencegah penyebaran flu?

Efektivitas masker untuk pencegahan flu
Secara teknis, virus dari flu dibawa oleh partikel udara. Kalau seseorang menggunakan masker, partikel itu akan disaring sehingga flu tidak bisa menyebar dengan bebas. Jadi, masker efektif saat digunakan untuk mencegah penyebaran flu, tapi harus mengikuti beberapa syarat.

Masker yang digunakan harus sekali pakai saja. Saat masker sudah kotor atau menjadi basah, efektivitasnya akan menurun. Virus flu jadi mudah menular sehingga direkomendasikan untuk selalu mengganti masker.

Selain mengganti masker, mencuci tangan hingga bersih juga sangat diwajibkan. Setelah memegang hidung atau mulut, virus akan menyebar di tangan. Kalau tangan digunakan untuk memegang banyak benda, kemungkinan virus menyebar tetaplah ada. Jadi, cuci bersih tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir.

Cara meredakan flu dengan cepat
Agar flu tidak terus menyebar dan akhirnya membuat orang satu rumah atau satu kantor terkena semua, segera redakan. Untuk membuat tubuh bisa melawan virus, perbanyak asupan Vitamin C yang berasal dari perasan jeruk nipis atau lemon. Tambahkan madu pada perasan itu untuk membuat tubuh jadi lebih hangat.

Kalau tubuh terus mengalami lemas, usahakan untuk tetap makan makanan yang bergizi. Kalau Anda merasa tidak nafsu makan, coba ganti dengan makanan yang mudah dicerna atau masuk ke dalam mulut seperti bubur atau jus buah-buahan.

Kalau flu yang Anda alami sudah lebih dari seminggu atau tidak ada gejala akan sembuh, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.