Berita Kesehatan
20 Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Secara Tradisional
Senin, 29 Jan 2018 10:25:08

Gigi yang kurang dijaga kebersihannya tentu saja akan mengalami kerusakan, karena setiap hari gigi dipergunakan untuk mencacah makanan sebelum masuk kedalam tubuh. Kebersihan gigi seperti menggosok gigi dengan teratur dan dengan cara menyikat gigi dengan benar akan membantu mencegah kerusakan dini.

Gigi yang telah rusak seperti keropos atau berlubang biasanya akan menimbulkan rasa nyeri, hal ini disebabkan karena bakteri atau ulat gigi yang telah berkembangbiak di dalamnya, beberapa penyebabnya dapat anda baca ulat penyebab gigi berlubang. Lalu bagaimanakah solusinya agar bakteri atau ulat gigi tersebut enyah dari gigi yang berlubang?


Cara Mengeluarkan Ulat Gigi


1. Berkumur dengan Air Garam


Berkumur dengan air garam yang mempunyai sifat anti bakteri, anti inflamasi dan analgesik, merupakan cara mudah dan ampuh dalam membunuh ulat pada gigi berlubang.


3. Mengunyah Daun Pisang


Mengunyah daun pisang dengan gigi yang sakit dapat membunuh ulat pada gigi berlubang, karena daun pisang memiliki sifat detoksifikasi.


3. Mengunyah Daun Mint


Mengunyah daun mint pada gigi yang berlubang dapat membunuh ulat gigi, ini dikarenakan daun mint memiliki sifat anti bakteri dan antivirus.


4. Mengunyah Daun Jambu


Mengunyah daun jambu pada gigi yang berlubang dapat membunuh ulat yang bersarang pada lubang gigi. Karena daun jambu mengandung anti bakteri, anti inflamasi, analgesik, dan anti mikroba.


5. Mengunyah Jahe


Mengunyah jahe atau akar jahe segar dapat membunuh ulat pada gigi berlubang. Karena jahe memiliki sifat anti bakteri dan anti radang.


6. Oleskan Cabe Rawit


Haluskan beberapa cabe rawit segar, tambahkan cuka sari apel, dan sedikit bubuk jahe, kemudian aplikasikan ke gigi yang berlubang. Lakukan hal ini untuk membunuh ulat pada gigi, karena cabe rawit mengandung capsaicin sebagai pereda rasa sakit alami.


7. Oleskan Lada Hitam


Lada hitam memiliki zat piperine yang dapat membunuh ulat gigi. Haluskan lada / merica hitam, garam dan air, kemudian gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi.


8. Mengunyah Kunyit


Dengan mengunyah kunyit mentah atau membuat pasta dari bubuk kunyit dicampur sedikit minyak mustard lalu oleskan pada gigi yang berlubang, dapat membunuh ulat pada gigi. Karena kunyit memiliki sifat anti bakteri, antiseptic, dan anti mikroba.


9. Mengunyah Bawang Merah


Mengunyah bawang merah pada gigi yang berlubang sangat efektif membunuh ulat gigi. Hal ini disebabkan karena bawang merah memiliki sifat antiseptik dan anti mikroba.


10. Mengunyah Bawang Putih


Haluskan bawang putih dan garam, kemudian aplikasikan pada gigi yang berlubang. Antibiotik alami yang terkandung di dalam bawang putih dapat membunuh ulat pad gigi yang berlubang.


Baca juga : 11 Cara Menghilangkan Karang Gigi Membandel Tanpa Harus ke Dokter Gigi


11. Oleskan Lemon


Campur air perasan lemon dengan garam, kemudian gunakan untuk menggosok gigi yang berlubang. Antivirus dan anti bakteri yang terkandung didalam lemon akan membunuh ulat gigi.


13. Berkumur dengan Baking Soda


Larutkan baking soda dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur. Baking soda dapat menyeimbangkan kadar pH didalam mulut.


13. Oleskan Minyak Pohon The (Tea Tree Oil)


Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptic, dan anti-inflamasi yang dapat melawan rasa sakit, dan membunuh ulat pada gigi. Selain itu juga dapat meredakan peradangan dan infeksi. gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya ke gigi yang berlubang.


14. Oleskan Minyak Peppermint


Selain minyak pohon teh, minyak peppermint juda dapat membantu membunuh ulat gigi, karena minyak peppermint memiliki sifat anti bakteri dan antivirus yang kuat.


15. Oleskan Minyak Cengkeh


Gunakan bola kapas dan beberapa tetes minyak cengkeh, kemudian tempelkan pada gigi berlubang yang sakit dapat membunuh ulat gigi.


Hal ini karena minyak cengkeh memiliki sifat analgesik, antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang sangat baik. Selain itu juga mengandung eugenol yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit. Namun jangan mengkonsumsi minyak cengkeh terlalu banyak.


16. Berkumur dengan Minyak Esensial


Minyak esensial antara lain adalah minyak mur, minyak eucalyptus, minyak kemenyan, rosemarin dan melaleuca. Jadikan monyak esensial sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk membunuh ulat pada gigi yang berlubang. Anda dapat menambah informasi dengan artikel obat kumur untuk gusi bengkak dan obat sakit gigi kena saraf.


17. Oleskan Minyak Oregano


Selain minyak esensial, minyak oregano memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Campurkan minyak oregano dengan minyak zaitun atau air hangat, gunakan bola kapas dan aplikasikan minyak oregano pada gigi yang berlubang.


18. Oleskan Cuka Sari Apel


Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri untuk membunuh ulat pada gigi yang berlubang, karena mengandung asam asetat dan asam malat. Selain itu cuka sari apel juga menyeimbangkan pH di dalam mulut. Celupkan bola kapas pada cairan cuka sari apel, kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang selama beberapa menit.


19. Berkumur dengan Jus Rumput Gandum


Berkumur dengan jus rumput gandum yang mengandung anti bakteri dapat membunuh ulat yang bersarang pada lubang gigi.


30. Berkumur dengan Hydrogen Peroksida


Lakukan langkah berkumur dengan hydrogen peroksida 3% lalu meludahkannya, hal ini dapat membunuh ulat gigi karena sifat hydrogen peroksida yang anti bakteri. Informasi lain yang bisa anda ketahui juga tentang bahaya obat kumur.


Cara mengeluarkan ulat gigi ini semoga menjadi solusi cepat dalam mengatasi rasa sakit gigi anda sebelum mengunjungi dokter. Namun jika sakit gigi tak kunjung reda, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter gigi.