Berita Kesehatan
6 Tips Memilih Pasta Gigi untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan
Rabu, 31 Jan 2018 09:17:32

Masa kehamilan tentunya menjadi satu masa yang sangat perlu kewaspadaan dan juga perhatian khusus. Ibu hamil perlu menjaga asupan gizi dan juga mengubah gaya hidupnya untuk sementara waktu. Hal ini memang perlu dilakukan mengingat janin di dalam perut juga perlu dijaga keselamatan dan kesehatannya. Salah satunya dengan menghindari sejumlah bahan kimia dari kehidupan sehari-hari.


Banyak ibu hamil yang menghentikan pemakaian sejumlah make up atau krim perawatan demi menjaga kesehatan bayinya agar tidak mengalami gangguan. Lebih dari itu, banyak juga ibu hamil yang mulai menghindari makanan yang dilarang ketika hamil dan benar-benar menjalani pola hidup sehat. Namun, satu hal yang sering luput dari perhatian adalah bahan kimia yang cenderung tidak bisa ditinggalkan dalam keseharian, seperti misalnya sabun dan pasta gigi.


Ibu hamil memang harus selalu menjaga kesehatan giginya selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan banyak sekali bakteri dan virus yang bisa masuk kedalam tubuh manusia melalui rongga mulut. Maka dari itu jika rongga mulut dan kesehatan gigi tidak dijaga, tentunya akan berbahaya juga bagi kesehatan ibu hamil dan juga bayi. Namun tentunya pemilihan pasta gigi untuk ibu hamil sedikit berbeda dengan pasta gigi untuk manusia pada umumnya.


Mengapa Pemilihan Pasta Gigi untuk Wanita Hamil Perlu Dilakukan?


Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor dari Universitas Florida mengenai pasta gigi untuk ibu hamil. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa setidaknya ada beberapa kandungan dari pasta gigi maupun sabun yang perlu dihindari oleh ibu hamil, yaitu triclosan. Triclosan merupakan salah satu jenis bahan kimia yang banyak ditemukan pada pasta gigi, sabun cuci piring, atau juga sabun antiseptik.

Triclosan itu sendiri memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan plak dan juga mencegah peradangan pada gusi. Penggunaan triclosan pada pasta gigi bahkan memang sudah cukup lama dilakukan. Namun rupanya bahan yang satu ini berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandung oleh ibu hamil itu sendiri. Hal ini dikarenakan triclosan yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada janin, yaitu dengan menghambat aliran darah menuju rahim. Efek terparahnya adalah muncul kelainan pada otak janin karena terhambatnya sari-sari makanan menuju itak janin. Tentunya hal ini akan menghambat perkembangan janin dan juga otak janin.


Dalam beberapa penelitian terbaru juga disebutkan bahwa kandungan triclosan bisa juga mempengaruhi kinerja enzim dalam tubuh dan menyebabkan hormon estrogen di dalam rahim terganggu kerjanya. Hormon estrogen itu sendiri tugasnya adalah membuka pembuluh darah arteri utama sehingga asupan darah dan oksigen menuju janin tetap stabil. Jika estrogen terganggu, maka sudah dipastikan bahwa arteri bisa saja mengalami penyempitan. Efek buruknya adalah oksigen maupun darah tidak bisa tersalur sempurna kepada janin dalam kandungan. Hal inilah yang ditakutkan untuk ibu hamil.


Mungkin sebagian orang masih banyak yang bertanya bagaimana bisa bahan kimia tersebut masuk ke dalam tubuh, sementara pasta gigi hanya merupakan salah satu bahan kimia pemakaian luar. Dalam artian, pasta gigi tidak ditelan dan tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Namun jangan salah, karena bahan kimia dari pasta gigi juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui gigi berlubang. Selain itu jika ada luka di gusi atau gesekan sikat gigi yang terlalu keras saat menggosok gigi, maka partikel kimia dari pasta gigi bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui luka (aliran darah) tersebut.


Pasta Gigi yang Baik untuk Ibu Hamil


Pada dasarnya memang tidak ada larangan untuk ibu hamil memilih jenis pasta gigi manapun. Namun setelah membaca penjelasan di atas, tentunya ibu hamil perlu untuk berhati-hari dengan memilih pasta gigi yang tepat. Untuk itu, beberapa rekomendasi atau tips berikut ini perlu dilakukan dalam pemilihan pasta gigi untuk ibu hamil yang baik, di antaranya:


1. Pasta gigi yang tidak mengandung triclosan


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pasta gigi yang berbahaya bagi ibu hamil adalah pasta gigi yang mengandung triclosan. Maka dari itu, tips pertama dalam pemilihan pasta gigi yang baik untuk ibu hamil tentunya harus bebas triclosan. Untuk itu, jangan ragu untuk tetap membaca komposisi pada bagian belakang kemasan pasta gigi jika ingin membeli pasta gigi, terutama saat hamil.


2. Pasta gigi yang tidak mengandung alkohol


Tips kedua adalah hindari pasta gigi yang mengandung alkohol. Alkohol dalam pasta gigi bisa menyebabkan gusi menjadi terasa kering. Selain itu alkohol juga merupakan bahan kimia yang berbahaya, baik untuk manusia normal maupun untuk ibu hamil.


3. Pasta gigi yang tidak berasa / berbau


Ada beberapa ibu hamil yang mengalami morning sickness, terutama di usia kehamilan awal atau kehamilan muda. Morning sickness terjadi karena adaptasi hormon baru ibu hamil. Gejalanya salah satunya adalah mudah mual dan muntah, terutama jika mencium bau-bauan. Bahkan bau-bauan yang selama ini wangi dan tidak menimbulkan masalah apapun juga bisa membuat ibu hamil yang mengalami morning sickness menjadi lebih mudah mual dan muntah. Maka dari itu rekomendasi pasta gigi untuk ibu hamil berikutnya adalah pilihlah pasta gigi yang tidak menimbulkan rasa atau bau berlebihan. Mengingat cukup banyak ibu hamil yang mengeluh mual dan bahkan muntah saat menggosok gigi.


4. Pasta gigi yang tidak mengandung flouride


Selain triclosan, sangat banyak juga pasta gigi yang mengandung flouride. Flouride itu sendiri merupakan salah satu bahan kimia yang berfungsi untuk memperkuat gigi dan banyak dimasukkan ke dalam banyak produk pasta gigi. Namun rupanya flouride ini juga memiliki efek samping yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Maka dari itu, hindari terlebih dahulu pasta gigi yang mengandung fouride.


5. Pasta gigi untuk gigi sensitif


Banyak rekomendasi ibu hamil untuk menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, terutama untuk ibu hamil yang memang memiliki masalah gigi sensitif. Hal ini dikarenakan pasta gigi untuk gigi sensitif biasanya memiliki karakter yang lebih lembut dan baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.


6. Pasta gigi yang tidak mengandung detergen berlebihan


Salah satu bahan kimia dalam pasta gigi adalah detergen. Detergen yang berlebihan pada pasta gigi ditandai dengan busa atau buih yang berlebihan saat menggosok gigi. Sebaiknya pilih pasta gigi yang tidak mengandung busa berlebihan karena itu menandakan bahwa pasta gigi tersebut tidak mengandung detergen berlebihan dan cenderung lebih aman untuk ibu hamil.


Itulah beberapa tips pemilihan pasta gigi yang aman untuk ibu hamil. Memang gampang-gampang susah untuk mengubah gaya hidup dari ibu hamil. Namun tentunya jangan menjadikan ini menjadi alasan bagi ibu hamil untuk malas merawat gigi. Tetaplah rawat kesehatan gigi dan mulut karena pada bagian ini seringkali muncul permasalahan ketika hamil.


Tips Merawat Gigi dan Mulut Ibu Hamil


Selain memilih pasta gigi yang tepat, berikut ini ada beberapa tips merawat gigi dan kesehatan rongga mulut selama masa kehamilan yang perlu dilakukan, antara lain:


- Gosok gigi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan dan mencegah infeksi dari kuman dan virus masuk melalui mulut.

- Hindari dulu memutihkan gigi ketika hamil dan lakukan ketika sudah melahirkan

- Sama halnya dengan memutihkan gigi, sebaiknya hindari pemasangan behel ketika ibu sedang hamil dan lakukan pemasangan behel hanya ketika sudah melahirkan

- Tetap datang ke dokter gigi ketika gigi mengalami masalah dan jangan lupa beri tahu dokter jika ibu memang sedang dalam kondisi hamil agar dokter bisa melakukan perawatan yang tepat dan tidak membahayakan janin

- Hindari obat kumur yang mengandung alkohol dan sejumlah bahan kimia yang berbahaya karena bisa berefek buruk bagi tubuh jika masuk ke dalam aliran darah

- Jika memiliki gigi berlubang yang harus dicabut, sebaiknya pencabutan dilakukan pada usia kehamilan yang sudah memasuki trisemester kedua, dan sebelum trisemester ketiga. Atau konsultasikan ke dokter mengenai waktu pencabutan gigi yang tepat

- Gunakan sikat gigi yang lembut dan tidak berbulu kasar

- Sikatlah gigi dengan cara yang benar agar tidak merusak lapisan enamel pada gigi yang bisa menyebabkan gigi terasa ngilu dan menjadi gigi sensitif


Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pasta gigi untuk ibu hamil dan tips merawat gigi ibu hamil yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung. Semoga artikel ini bermanfaat.