Berita Kesehatan
Banyak Terpapar Asap, Cek Paru-paru Secara Berkala
Rabu, 14 Feb 2018 13:47:32

Penyakit kanker paru kini semakin bergeser ke arah usia muda. Padahal banyak pasien mengaku di antara mereka tidak merokok, melainkan sering menjadi perokok pasif. Begitu mengerikannya asap rokok dan nikotin bagi kesehatan paru-paru.

Tak hanya asap rokok, berbagai jenis asap seperti asap pabrik, kendaraan, hingga polutan di dalam rumah juga wajib diwaspadai. Jika terpapar, berarti Anda termasuk salah satu orang yang berisiko terkena kanker paru-paru.

"Punya faktor risiko ya harus cek ke dokter secara rutin, bagaimana kondisi paru-parunya," tegas Dokter Spesialis Paru Konsultan Rumah Sakit Persahabatan dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P (K), baru-baru ini.

Menurutnya, mereka yang berusia di atas 40 tahun dan memiliki kebiasaan merokok lebih dari 30 tahun memiliki risiko penyakit paru-paru. Lalu, kapan jadwal mengecek paru-paru?


Baca juga : Cegah Kanker Paru, Jangan Remehkan Batuk


"Tiap 6 bulan jika memang faktor risiko wajib cek. Sementara yang sehat-sehat, cek setahun sekali apa salahnya sih," kata Elisna.

Menurutnya wanita memang paling rendah risikonya ketimbang pria. Sebab, wanita cenderung lebih berada di rumah dan jarang mengendarai kendaraan bermotor. Populasi perokok pria juga lebih banyak ketimbang wanita.

Namun jangan dianggap enteng. Kanker paru kini banyak menyerang usia muda. Tak terkecuali remaja.

"Sebab kecenderungan perokok usia muda, usia SD sudah semakin banyak. Jadi pasien juga semakin muda. Di RS Persahabatan bahkan ada pasien saya usia 13 tahun kanker paru," tukas Elisna.