Berita Kesehatan
Cek Kesehatan Lewat Warna Kotoran Telinga, Anda yang Mana?
Senin, 26 Feb 2018 11:56:33

Warna kotoran telinga ini ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Sebenarnya, kotoran telinga yang disebut juga cerumen memiliki peran untuk melindungi lubang telinga dari infeksi kuman atau benda asing. Itu sebabnya cerumen memiliki warna yang berbeda-beda setiap kali Anda membersihkannya, tergantung jenis infeksi yang mungkin menyerang Anda.

Berikut beberapa warna kotoran telinga yang bisa menunjukkan status kesehatan Anda seperti dilansir laman Boldsky.

1. Abu-abu

Jika kotoran telinga berwarna abu-abu, tanpa gejala lain, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Warna ini menunjukkan ada akumulasi debu yang masuk ke telinga Anda dan biasanya dimiliki oleh orang yang tinggal di kota dengan udara tercemar.

2. Ada darah

Jika Anda melihat darah saat membersihkan telinga maka itu bisa berarti bahwa gendang telinga berlubang. Dalam kasus ini, telinga Anda dapat terkena infeksi dan dapat menyebabkan otitis. Segera temui dokter untuk mengatasinya.

3. Coklat

Jika kotoran telinga terlalu pekat dan warnanya lebih gelap, maka itu menunjukkan bahwa tubuh Anda telah mengalami stres. Inilah sebabnya mengapa Anda harus mencari ketenangan di sela-sela kesibukan Anda.

4. Hitam

Kasus kotoran telinga berwarna hitam gelap memang cukup jarang dan biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika hal ini disertai rasa gatal maka Anda harus mengunjungi dokter, karena warna hitam bisa menandakan infeksi jamur.

5. Putih

Kotoran telinga yang berwarna putih bisa menandakan tubuh Anda kekurangan vitamin dan zat mikro khususnya besi dan tembaga. Oleh karena itu, disarankan agar Anda menambah konsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

6. Bau tak sedap

Jika ada bau tak sedap yang berasal dari kotoran telinga Anda, maka itu bisa menandakan adanya infeksi di telinga tengah Anda. Terlepas dari baunya, Anda mungkin juga mendengar suara bising. Segera kunjungi spesialis THT jika mengalami kasus seperti ini.

Jadi, sangat mudah kan cara mengetahui kondisi kesehatan Anda lewat kotoran telinga.