Berita Kesehatan
Kaum Millenial Malas Jaga Kebersihan Gigi, Benarkah?
Sabtu, 03 Mar 2018 15:36:09

Kaum millenial disebut-sebut paling malas untuk memerhatikan kesehatan gigi secara teratur. Hal ini disokong dengan penelitian baru mengenai kebiasaan membersihkan gigi remaja Amerika.

Penelitian ini melibatkan 2.000 orang Amerika yang tiga dari sepuluh millenial ditemukan hanya sekali menyikat giginya dalam sehari. Meskipun malas membersihkan gigi, 56 persen dari mereka mengaku khawatir giginya mengalami kerusakan.

Namun faktanya, 22 persen menghindari untuk pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan giginya. 36 persen responden merasa mulai takut untuk pergi ke dokter gigi saat usianya 10 tahun.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa alasan kaum millenial takut ke dokter gigi di antaranya takut akan perawatan yang menyakitkan, takut akan pengobatan, takut suara bor gigi, dan kekhawatiran akan obat bius.

"Pergi ke dokter gigi memiliki banyak keuntungan, selain memastikan gigimu bersih juga pencegahan bau mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada banyak keterkaitan dengan kesehatan mulut dan keseluruhan kesehatan," ujar dokter gigi California dan pendiri Silicon Beach Dental, drg Lawrence Fung, DDS, seperti dikutip dari New York Post.

Walau menurut beberapa millenial mengunjungi dokter gigi sangat menakutkan, tapi itu harus dilakukan. drg Lawrence menyarankan untuk memilih dokter gigi yang ramah dan bisa membuatmu nyaman.

"Saat mencari dokter gigi, pastikan untuk melihat-lihat brosur mereka dan mintalah rekomendasi dari beberapa kerabat mengani dokter gigi yang akan kamu kunjungi," pungkasnya.

Apakah kamu termasuk orang yang takut berkunjung ke dokter gigi? Jika ya, hilangkan rasa takutmu dan periksakan gigi agar tetap sehat.