Berita Kesehatan
Untuk Pemula, Ini Tips Merawat Gigi dengan Behel
Sabtu, 17 Okt 2020 10:09:20

Jika Anda baru saja pasang behel atau kawat gigi sebagai bentuk dari perawatan gigi, tentu diberi tahu oleh dokter gigi bahwa kebersihan rongga mulutnya harus ekstra dijaga. Yuk ketahui berbagai tips merawat gigi dengan behel secara benar di sini.

Kalau memutuskan untuk pakai behel, memang juga harus siap dengan salah satu konsekuensinya, yaitu lebih disiplin dalam menjaga kebersihan mulut. Pasalnya, makanan sering kali terbak di sekitar kawat dan bisa menyebabkan penumpukan plak.

Selain itu, risiko pasien mengalami karies dan bau mulut (halitosis) juga lebih tinggi.

Gigi tepat sehat dengan behel 

Umumnya, orang-orang yang memiliki kelainan pada gigi atau rahang akan dianjurkan untuk menggunakan behel. Misalnya jika susunan gigi tidak rapi dan telah memenuhi kriteria, dokter akan menganjurkan pemasangan kawat gigi setelah melakukan berbagai pemeriksaan.

Berikut ini adalah tips merawat gigi dengan behel yang diajurkan oleh dokter gigi.

  1. Rutin kontrol ke dokter gigi

Jika Anda baru saja pakai kawat gigi, maka rutin kontrol ke dokter gigi sangat diperlukan. Dikatakan oleh drg. Wiena, biasanya dokter gigi akan menyarankan waktu kontrol sekitar tiga minggu sekali, atau mungkin bisa lebih sering tergantung kondisi gigi.

“Saat kontrol, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan gigi, termasuk pembersihan gigi, penggantian karet, mengoleskan kembali lem bracket yang sudah lepas, dan melakukan pemasangan alat tambahan jika memang dibutuhkan,” ujar drg. Wiena.

  1. Rajin menyikat gigi

Prosedur standar dalam menjaga oral hygiene adalah dengan penyikatan gigi minimal dua kali sehari.

Bagi pengguna behel, cara menyikat gigi juga perlu diperhatikan. Menyikat gigi terlalu keras, misalnya, dapat memicu kerusakan pada email gigi. Di samping itu, ada pula risiko penurunan gusi yang dapat membuat gigi sensitif.

Penyikatan gigi sebaiknya dilakukan dengan perlahan, berhati-hati, dan mencakup seluruh permukaan gigi, tidak perlu dengan tekanan keras. Beri perhatian khusus di daerah antara kawat gigi dan gusi, karena biasanya di situlah akumulasi plak banyak terbentuk yang berpotensi menjadi karang gigi.

Selain itu, drg. Wiena juga menganjurkan pengguna behel menggunakan sikat gigi khusus. Sikat gigi khusus pengguna kawat gigi ini mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan kawat yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa.

“Sikat gigi ini dianggap lebih efektif karena memiliki potongan menjadi bentuk seperti huruf "v", di mana pada bagian tengah bulu lebih rendah daripada bulu luar di sampingnya. Bentuk ini dirancang agar bulu-bulu sikat dapat menjangkau permukaan gigi dan tepi-tepi kawat, sehingga sisa makanan pada bagian tersebut dapat disikat hingga bersih,” kata drg. Wiena menjelaskan.

  1. Maksimalkan pembersihan gigi dengan benang gigi dan kuas interproksimal

American Association of Orthodontists (AAO) juga merekomendasikan para pengguna behel untuk menggunakan benang gigi agar lebih mudah membersihkan kotoran dan plak di antara gigi, gusi, dan di bawah alat ortodontik. 

Anda juga dapat menggunakan kuas interproksimal atau yang sering disebut kuas interdental. Alat tersebut berbentuk bulat dan memiliki bulu di sekitarnya yang dapat mencapai bagian bawah bracket untuk menghilangkan sisa makanan yang terjebak.

  1. Hindari konsumsi makanan yang lengket

“Orang yang tidak pakai behel saja tidak dianjurkan untuk makan makanan yang lengket seperti permen, apalagi mereka yang sudah menggunakan behel. Sisa permen yang menyangkut pada sela-sela behel dapat menimbulkan infeksi gigi dan menyebabkan gigi jadi berlubang dan terkikis. Akibatnya, gigi akan semakin rusak dan butuh perawatan lebih lagi untuk menyembuhkannya,” jelas drg. Wiena.

  1. Hindari konsumsi makanan bertekstur keras

Selain dapat merusak enamel gigi, makanan keras (misalnya es batu, permen yang keras, dan lain-lain) bisa merusak kawat gigi. Hindari pula kebiasaan menggigiti benda keras seperti pulpen, pensil, es batu, dan lain-lain.

Kebersihan dan kesehatan gigi harus benar-benar diperhatkan, apalagi untuk orang-orang dengan kawat ortodontik atau behel. Caranya adalah dengan melakukan tips di atas. Selain itu, pemakai behel juga dianjurkan untuk membawa sikat gigi ke mana-mana, sehingga gigi bisa langsung dibersihkan setelah makan. Ini penting untuk mencegah makanan tersangkut di kawat gigi dalam waktu lama.