Berita Kesehatan
5 Perawatan Gigi Sehari-hari yang Tak Boleh Dilewatkan
Kamis, 08 Mar 2018 11:16:08

Perawatan gigi harus dilakukan setiap hari agar kesehatan gigi tetap terjaga. Namun, tak semua orang tahu bagaimana cara merawat gigi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips perawatan gigi yang perlu diperhatikan dan sebaiknya dilakukan setiap hari seperti dilansir The Health Site.

1. Gosok gigi dan flossing


Gosok gigi dan membersihkan gigi menggunakan benang gigi (flossing) sebaiknya dilakukan setiap hari. Flossing penting dilakukan untuk membantu menghilangkan partikel makanan yang terjebak diantara gigi yang tak terjangkau oleh sikat. Untuk mencegah kerusakan gigi sejak dini, anak sebaiknya dibiasakan melakukan dua kebiasaan tersebut.

2. Membersihkan lidah

Banyak orang melupakan langkah satu ini. Padahal, banyak bakteri oral berkembang biak di lidah.

3. Memijat dalam mulut

Biasakan memijat bagian antara gigi dan mulut dengan jari telunjuk. Pijatlah dengan pola melingkar pada area tersebut. Tak hanya membantu mengeluarkan partikel makanan dari mulut, hal tersebut juga membuat gigi dan gusi makin kuat.

4. Gosok gigi sebelum tidur

Setelah makanan atau minuman masuk ke mulut, plak akan mulai terbentuk di gigi. Air liur memang mengandung cairan tertentu yang dapat menetralisir plak yang dapat merusak enamel gigi. Namun, pada malam hari, air liur berhenti berproduksi sehingga tak bisa melindungi gigi. Inilah alasan mengapa gosok gigi itu penting.

5. Gunakan obat kumur

Obat kumur cukup penting dalam menjaga kebersihan mulut. Obat tersebut mengandung flourida yang membantu mengurangi karies gigi. Sebaiknya, obat kumur digunakan setiap setelah makan atau dua kali sehari.