Berita Kesehatan
Cara Bebas Ngilu Karena Gigi Sensitif
Senin, 12 Mar 2018 15:37:43

Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang mengandung fluoride dapat membantu menghambat rasa sakit karena gigi sensitif. Fluoride yang terdapat pada pasta gigi dapat memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa sakit.


Gigi sensitif merupakan keluhan yang umum dialami oleh sebagian orang. Rasa nyeri yang muncul secara tiba-tiba karena konsumsi minuman dingin atau makanan yang asam umumnya dikaitkan dengan kemungkinan gigi sensitif. Aktifitas sehari-hari seperti menyikat gigi, flossing atau makan dan minum dapat memicu terjadinya nyeri pada pemilik gigi sensitif. Gigi sensitif umumnya terjadi karena enamel gigi yang mulai menipis atau akar gigi yang terbuka. Tetapi terkadang gigi sensitif atau kondisi tidak nyaman pada gigi disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:


- Terjadinya penyakit gusi

- Terlalu keras menyikat gigi dan menggunakan sikat gigi yang keras

- Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman asam

- Pengeroposan gigi atau gigi pecah

- Efek samping perawatan gigi


Bagaimana cara mengatasi gigi sensitif?


Berikut beberapa langkah dapat dilakukan untuk mengatasi timbulnya nyeri karena gigi sensitif:


Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dapat membantu menghambat rasa sakit yang berhubungan dengan gigi sensitif. Fluoride yang terdapat pada pasta gigi dapat memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa sakit.


Menyikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif atau yang berfluoride.


Menggunakan floss setiap hari namun hindari menggesek dengan kuat atau kasar.


Membatasi makanan dan minuman asam seperti minuman berkarbonasi, buah dan sayuran yang kaya serat, keju, dan yogurt. Hindari juga makanan yang dapat menyebabkan penipisan enamel gigi. Gunakan sedotan saat mengkonsumsi minuman asam untuk membatasi kontak langsung dengan gigi. Setelah itu minumlah air putih untuk menyeimbangkan kadar asam pada mulut.


- Hentikan sementara perawatan untuk memutihkan gigi. Berkonsultasilah dengan dokter jika perawatan menimbulkan efek samping seperti nyeri gigi.

- Berkonsultasilah dengan dokter untuk membantu mengatasi terjadinya gigi sensitif jika beberapa cara sudah dilakukan namun tidak mengurangi terjadinya gejala.


Apakah gigi sensitif berkaitan dengan gejala suatu kondisi kesehatan?


Terjadinya gigi sensitif terkadang merupakan pertanda terjadinya masalah, seperti:


1. Penipisan gusi


Pada seseorang yang berusia lebih dari 40 tahun dapat mengalami tanda-tanda terjadinya penipisan gusi. Kondisi ini menyebabkan akar-akar gigi tidak terlindungi oleh enamel sehingga menyebabkan kondisi yang lebih sensitif. Berkonsultasilah dengan dokter jika kondisi semakin parah.

2. Penyakit gusi


Penumpukan plak pada gigi dapat menyebabkan gusi menjadi tipis. Merokok merupakan salah satu pemicu yang dapat menyebabkan penyakit gusi. Berkonsultasilah dengan dokter dan melakukan perawatan untuk menghilangkan plak.


3. Pengeroposan gigi


Pengeroposan gigi dapat terjadi hingga pada bagian akar. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa saat mengkonsumsi makanan dingin. Pengobatan untuk memperbaikan pengeroposan gigi bergantung seberapa dalam terjadinya pengeroposan.


Jaga kesehatan gigi dengan sikat gigi dan flossing dua kali sehari lalu jangan lupa berkonsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.