Berita Kesehatan
Waspada Polip Hidung Bisa Disebabkan oleh Polusi Udara
Kamis, 21 Jan 2021 10:03:17
Sudah bukan rahasia lagi bahwa polusi udara dapat memicu berbagai masalah pernapasan. Masalahnya, orang dengan penyakit pernapasan, seperti asma, alergi rinitis, maupun sinusitis kronis seringkali juga memiliki benjolan di dalam hidung yang disebut dengan penyakit polip hidung. Polip adalah daging yang tumbuh di rongga hidung maupun infeksi sinus (kantung udara di dalam hidung). Mereka biasanya tidak berbahaya, bahkan seringkali tidak Anda sadari keberadaannya karena tidak mengalami gejala apa pun jika hanya ukuran polip kecil.Ketika polip hidung berukuran lebih besar, Anda mungkin akan merasakan gejala tertentu. Gejala tersebut, di antaranya hidung gatal, hidung tersumbat, pilek yang tak kunjung sembuh, hingga kehilangan kemampuan untuk mencium bau.

Penyebab polip hidung yang banyak terjadi di Indonesia

Proses terjadinya polip hidung yang dipengaruhi oleh polusi udara cukup panjang. Awalnya, udara kotor yang Anda hirup dari udara tercemar polusi akan mengakibatkan iritasi pada lapisan mukosa, yakni lapisan basah pada rongga hidung yang berfungsi melindungi hidung dan sinus dari benda asing.Ketika lapisan mukosa ini teriritasi, ia akan menjadi kemerahan dan bengkak, serta menyebabkan Anda mengalami pilek yang tidak kunjung sembuh. Jika iritasi ini tidak segera ditangani, maka polip hidung akan terbentuk pada lapisan mukosa tersebut.Penyebab polip hidung bermacam-macam, sebagian darinya berhubungan erat dengan kualitas udara yang buruk. Berikut enam penyebab polip hidung secara keseluruhan:
  • Asma: penyakit kronis yang menyebabkan peradangan pada saluran hidung sehingga Anda sulit untuk bernapas.

  • Sinusitis kronis: sinusitis yang berlangsung sangat lama atau berulang.

  • Alergi rinitis: inflamasi pada hidung yang terjadi ketika sistem imun bereaksi atas masuknya alergen di udara melalui sistem pernapasan.

  • Fibrosis kistik, yakni kelainan genetik yang mengakibatkan lendir di dalam tubuh lebih lengket dan kental dari biasanya.

  • Sindrom Churg-Strauss, yakni penyakit langka yang menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah.

  • Alergi terhadap obat-obatan yang mengandung antiperadangan non-steroid (NSAID) semisal ibuprofen atau aspirin.
Faktor keturunan juga memainkan peranan penting sebagai penyebab polip hidung. Hal ini berhubungan dengan gen yang mengakibatkan lapisan mukosa selalu mengalami peradangan ketika bertemu dengan benda asing yang masuk ke dalam hidung.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyakit polip hidung?

Untuk mencegah terjadinya polip hidung, Anda tentu harus mengindari faktor pemicunya. Untuk pemicu yang berhubungan dengan polusi udara, seperti asma, sinusitis kronis, maupun alergi rinitis, Anda bisa mengenakan masker untuk menyaring partikel yang terdapat pada polusi udara.Tidak semua masker dapat menjalankan tugasnya sebagai penyaring partikel jahat di udara. Untuk itu, perhatikan hal-hal ini ketika Anda memilih masker polusi:
  • Pilih masker yang setidaknya memiliki level N95 (mampu menyaring 95% partikel debu di udara).

  • Pastikan masker yang Anda beli sesuai dengan kontur wajah agar tidak ada celah bagi debu untuk masuk ke saluran pernapasan.
  • Pilih masker yang tetap bisa membuat Anda bernapas dengan baik, bukan malah membuat pengap atau sesak napas.

  • Pastikan masker bisa menyaring partikel debu halus, misalnya PM2.5.
Jika penyakit polip sudah terlanjur terjadi, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat. Pengobatan pertama yang mungkin Anda dapatkan adalah kortikosteroid semprot yang berfungsi mengempiskan polip, bahkan menghilangkan benjolan penyebab hidung tersumbat tersebut.Dokter juga bisa meresepkan kortikosteroid oral, seperti prednisone, untuk diminum dalam kurun satu minggu. Sayangnya, polip yang mengempis bisa kambuh lagi jika Anda menderita alergi, iritasi, atau asma sehingga Anda kemungkinan besar harus mengulang pengobatan yang sama.Oleh karena itu, Anda juga dapat meminum obat yang mengandung antihistamin untuk meredakan gejala alergi dan antibiotik untuk meredakan infeksi agar polip hidung tidak kembali lagi. Namun benjolan di dalam hidung sudah terlalu besar, polip harus diangkat dengan jalan operasi. 

Obat polip hidung dari bahan alami

Selain menggunakan obat polip hidung dari dokter, Anda bisa saja mengandalkan berbagai obat polip hidung dari bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah. Perlu diingat bahwa pengobatan polip hidung rumahan ini hanya dapat meringankan gejala dan rasa tidak nyaman sementara waktu.Jadi, penderita polip hidung berhati-hati dalam menggunakannya. Jika perlu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila Anda ingin mencoba obat polip hidung dari bahan-bahan alami. Berikut adalah obat polip hidung alami yang dipercaya dapat mengobati polip hidung.

1. Minyak peppermint

Minyak peppermint juga dipercaya menjadi obat polip hidung alami. Hal ini karena minyak peppermint mengandung mentol yang memiliki efek dekongestan untuk meringankan gejala polip ringan dan melegakan indera penciuman. Cara menggunakan minyak peppermint sebagai obat polip hidung alami sama seperti tea tree oil. Anda cukup mencampurkan air dengan minyak peppermint dan 3-5 tetes minyak pelarut. Lalu, celupkan kapas bersih dan tempatkan kapas yang sudah dibasahi oleh larutan minyak peppermint, air, dan minyak pelarut pada hidung Anda.

2. Tea tree oil

Salah satu obat polip hidung dari bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi polip hidung adalah tea tree oil atau minyak pohon teh. Cara menggunakan tea tree oil sebagai obat polip hidung alami, yakni:
  • Campurkan air dan tea tree oil dengan 3-5 tetes minyak pelarut. Biasanya, minyak pelarut yang disarankan adalah minyak almond atau minyak zaitun.
  • Aduk merata hingga encer.
  • Celupkan kapas bersih dan tempatkan kapas yang sudah dibasahi dengan larutan air, tea tree oil, dan minyak pelarut pada hidung Anda.

3. Bawang putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangat melimpah. Mulai dari meningkatkan imun tubuh, melawan infeksi bakteri, hingga mengurangi inflamasi. Inilah yang juga membuat bawang putih dipercaya sebagai obat polip hidung alami.Anda bisa menggunakan obat polip hidung alami ini dengan menambahkan beberapa siung bawang putih atau 1-2 sendok makan bawang putih bubuk ke dalam menu makanan harian Anda.