Berita Kesehatan
Lupa Menggosok Gigi di Malam Hari, Apa Dampaknya bagi Kesehatan?
Jumat, 16 Mar 2018 17:00:56

Menggosok gigi jadi cara termudah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Umumnya orang menggosok gigi minimal dua kali sehari, di pagi dan malam hari.


Bagaimana jika kamu melewatkan menggosok gigi di malam hari? Apa dampaknya bagi kesehatan?


Chief Dental Officer of DentalCorp Dr. Gary Glassman mengatakan, "Jika kamu melewatkan kebiasaan sikat gigi malam hari sekali saja, kamu akan membuat kebiasaan buruk mengembangkan banyak bakteri di dalam mulut."


Orang-orang mungkin lebih mudah sikat gigi di pagi hari saat mandi. Tapi tidak tahu bahwa melewatkan menggosok gigi di malam hari telah merusak gigi dalam semalam.


Ketika malam hari kamu melewatkan sikat gigi, rongga mulut akan lebih asam dari biasanya sehingga bisa membentuk plak. Kondisi asam ini juga dimanfaatkan bakteri untuk berkembang biak dan merusak gigi. Bukan hanya itu, bakteri-bakteri ini akan menimbulkan bau mulut.


"Jika kamu lupa sikat gigi malam hari sekali, hal ini memang tidak berpengaruh banyak pada gigi dan kesehatan mulut, tapi penting untuk tidak menjadikan hal buruk ini kebiasaan," tambah Dr. Gary Glassman.


Karena bukan hanya akan mengikis enamel gigi, tapi juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan jika pada akhirnya kamu mengalami gigi berlubang.